Bebas Sampah, Pj Bupati Aceh Singkil Lepas 5.000 Bibit Ikan Nila di Sepanjang Jalan Protokol

Pj Bupati Aceh Singkil Marthunis ST DEA berkesempatan melakukan pelepasan terhadap 5.000 bibit Ikan Nila di parit sepanjang halaman Masjid Agung Nurul Makmur dan halaman Pendopo Bupati.

topmetro.news – Pj Bupati Aceh Singkil Marthunis ST DEA berkesempatan melakukan pelepasan terhadap 5.000 bibit Ikan Nila di parit sepanjang halaman Masjid Agung Nurul Makmur dan halaman Pendopo Bupati.

Kegiatan pelepasan ribuan bibit ikan tersebut yang diinisiasi Dinas Perikanan Aceh Singkil, turut dihadiri para Kepala SKPK, Muspika serta tamu undangan lainnya.

Di sela-sela acara, Pj Bupati Marthunis mengatakan, menyambut baik akan program pelepasan bibit tersebut. Selain dapat menjaga kebersihan parit, juga akan dapat mengurangi jentik nyamuk.

“Selain menjaga kebersihan dan pemberantasan jentik-jentik nyamuk, pelepasan bibit ini juga akan menjadi salah satu daya tarik wisata untuk ke depannya,” ucap Marthunis, Kamis (4/8/2022).

“Nantinya tentu ini sangat berdampak positif akan pelepasan bibit ikan ini. Terlebih bagi para pedagang pakan ikan, juga merasakan dampaknya. Anak-anak juga bisa langsung memberi pakan ikan setelah bibit ini disebar,” lanjut dia.

“Mudah-mudahan bibit ikan ini dapat dijaga bersama sama dan setelah besar dapat dipanen oleh warga sekitar,” tuturnya.

“Menurut Dinas Perikanan ikan yang ditabur ini adalah ikan yang tahan terhadap air asin atau payau. Namun kami berharap meski milik umum jangan dipanen sebelum waktunya, dimana menurut Kadis Perikanan masa panennya itu maksimal enam bulan ke depan,” ujarnya.

Ia menyebut, penebaran bibit ikan ini, selain sebagai wahana rekreasi juga menjaga agar drainase ini tidak menjadi tempat pembuangan sampah. “Sehingga setiap saluran nantinya bisa bersih. Maka mari kita jaga bersama sama jangan buang sampah sembarangan,” katanya.

“Mudah-mudahan ikan ikan yang disebar ini dapat menjalar ke seluruh parit yang ada di jalan protokol ini. Sehingga jalan jalan protokol ini dapat bersih serta pada saat hujan tidak mampet lagi,” imbuhnya.

Di akhir acara Pj Bupati menyerahkan tanggungjawab pengelolaan ikan tersebut kepada Camat Singkil dan Dinas Perikanan.

reporter | Rusid Hidayat

Related posts

Leave a Comment