Bupati Taput Buka Pra-Kongres Kebudayaan Batak Toba

Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan MSi bersama beberapa pimpinan perangkat daerah hadir dalam Pra-Kongres Kebudayaan Batak Toba yang terlaksana di IAKN Tarutung, Sabtu (6/8/2022).

topmetro.news – Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan MSi bersama beberapa pimpinan perangkat daerah hadiri Pra-Kongres Kebudayaan Batak Toba yang berlangsung di IAKN Tarutung, Sabtu (6/8/2022).

Pada Pra-Kongres Kebudayaan Batak Toba ini juga hadir Rektor IAKN Tarutung Prof Dr Ir Albiner Siagian MSi. Kemudian Ketua Prodi Sastra Batak USU Drs Jekmen Sinulingga MHum mewakili Dekan FIB USU. Serta Ketua Panitia Kongres Kebudayaan Batak Toba Prof Dr Robert Sibarani MSi.

Bupati Taput Nikson Nababan dalam mengawali sambutannya mengatakan, Kebudayaan Batak Toba merupakan bagian yang terpenting dalam kehidupan sehari-hari Bangso Batak.

“Terutama kita diikat oleh bahasa dan adat istiadat Batak yang sudah melekat di Suku Batak,” katanya.

Bupati Taput juga menambahkan, bahwa Orang Batak Toba tidak terlepas dengan Batak yang ada di Silindung, Humbang, yang mungkin ada perbedaan dari aspek adat istiadat.

“Tetapi ini tidak menjadi penghalang bagi Bangso Batak untuk dapat saling memahami. Karena inilah menjadi memperat persaudaraan Orang Batak dengan dukungan Bahasa Batak,” tambahnya.

Di akhir sambutannya Bupati Taput Nikson Nababan membuka secara resmi Pra-Kongres Kebudayaan Batak Toba. “Secara resmi saya buka Kongres Pra-Kebudayaan Batak Toba. Semoga kegiatan ini lancar sampai akhir acara,” Nikson mengakhiri.

Pada kesempatan itu, Ketua Panitia Kongres Kebudayaan Batak Toba Prof Dr Robert Sibarani MSi menyampaikan ucapan terima kasih untuk kehadiran Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan di kegiatan tersebut.

“Di kesempatan ini juga saya menyampaikan, bahwa dalam rangka mematangkan bahan-bahan persentase kongres hari ini, pra-kongres pertama hari ini yang merupakan salah satu rangkaian Kongres Kebudayaan Batak Toba yang akan terselenggara tanggal 20-22 Oktober 2022 di TB Silalahi Centre Balige Kabupaten Toba,” ujarnya.

penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment