Kadis PMD Madina: Pencopotan Kades Hutanamale Saat ini Terkendala Pemendagri No 82 Tahun 2015

Terkait dugaan kasus penipuan dan penggelapan, SN, Kepala Desa Hutanamale Kecamatan Puncak Sorik Marapi, Mandailing Natal (Madina), kini resmi berstatus tersangka oleh Polda Sumut.

topmetro.news – Terkait dugaan kasus penipuan dan penggelapan, SN, Kepala Desa Hutanamale Kecamatan Puncak Sorik Marapi, Mandailing Natal (Madina), kini resmi berstatus tersangka oleh Polda Sumut.

Status tersangka tersebut sesuai dengan No. B/1904/VII/2022/Ditreskrimum tertanggal 29 Juli 2022. Yang menjelaskan perihal Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyidikan (SP2HP) kelima atas laporan korban berinisial AGM, warga Desa Sibanggor Jae di kecamatan sama.

Informasi yang dihimpun media ini, sebelum Ditreskrimum Polda Sumut menetapkan status tersangka terhadap SN, terlebih dahulu dilakukan gelar perkara pada Kamis 28 Juli 2022. Dengan kesimpulan, menetapkan SN terbukti bersalah dan menjadi tersangka. Hal itu sebagaimana maksud Pasal 372 dan atau Pasal 378 KUHPidana.

Menanggapi hal ini, Kadis Pemerintan Desa Kabupaten Mandailing Natal (PMD Madina) Parlin Lubis (foto) pun memberikan penjelasan, Kamis (11/8/2022). Yakni, bahwa pencopatan atau pemberhenntian sementara tidak bisa karena terkendala peraturan. Yakni, Pemendagri Nomor 82 Tahun 2015 tentang Perangkat Desa dan Pemberhentian Kepala Desa. Di mana Pasal 8 (1) Hurup C menyatakan, sebagai terpidana berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap.

“Walapun status yang bersangkutan sudah tersangka. Kasus yang menimpa SN juga terjadi sebelum Beliau menjabat sebagai kepada desa. Kasus yang disangkakan juga tidak termasuk sebagai tindak pidana berat. Seperti membahayakan negara, teroris, korupsi atau terlibat dalam kudeta,” katanya.

“Kita lihat dulu perkembangan kasusnya. Kalau sudah ada keputusan dari Mendagri atau keputusan dari pengadilan yang berkekuatan hukum tetap, baru bisa kita mengambil langkahm” tutup Parlin Lubis.

reporter | Jeffry Barata Lubis

Related posts

Leave a Comment