Bukan Ferdy Sambo! Alumni Akpol 94 Terbaik Ternyata ‘Anak Medan’

Bukan Ferdy Sambo

TOPMETRO.NEWS – Bukan Ferdy Sambo (red, sebelumnya Irjen Ferdy Sambo) yang menjadi lulusan terbaik alumni Akpol 94. Ternyata sosok itu adalah seorang pria kelahiran Medan bernama Alberd Sianipar. Lantas, siapa dia?

Peraih Adi Makayasa Akpol 94 ini pernah menjabat sebagai Kapolres Karo dan Kapolres Pematangsiantar (Sumatera Utara), antara tahun 2011 hingga 2013 lalu.

Anehnya sebagai lulusan terbaik Akpol 94, teman seangkatan Ferdy Sambo ini ternyata masih berpangkat Brigjen.

Kalah satu tingkatan dari Ferdy Sambo yang sudah Irjen (red, sekarang sudah dipecat).

Brigjen Alberd Sianipar sebagai lulusan terbaik alumni Akpol 94 ternyata masih kalah pangkat dengan lima teman lainnya.

Alumni Akpol 94 yang sudah meraih pangkat Irjen antara lain Irjen Ferdy Sambo, Irjen Suwondo Nainggolan, Irjen Adi Deriyan Jayamarta, Irjen Roycke Harry Langie, Irjen Dwiyono.

Ferdy Sambo memang bukan lulusan terbaik di angkatannya, namun karirnya dianggap paling melejit dengan pangkat Irjen dan jabatan Kadiv Propam Polri.

Sosok Brigjen Alberd Sianipar

Brigjen Alberd Teddy Benhard Sianipar, nama lengkapnya merupakan peraih Adhi Makayasa atau lulusan terbaik Akpol 1994.

Brigjen Alberd selama ini jarang disorot media, sebab dia tidak menjabat posisi strategis di kepolisian.

Saat ini, Brigjen Alberd hanya menduduki posisi sebagai Kepala Biro Pengkajian dan Strategi (Karojianstra) Sops Polri.

Sebelum menduduki posisi itu, Brigjen Alberd sempat menjadi Karoops Polda Metro Jaya.

Dia juga pernah menjabat sebagai Analisis Kebijakan Madya bidang Pidum Bareskrim Polri Pada 2017.

Pernah menjabat sebagai Dirreskrimum Polda Sulawesi Tengah dan juga pernah bertugas di Polda Metro Jaya dengan jabatan Wadirreskrimum.

Brigjen Alberd Sianipar sebagai lulusan terbaik Akpol 94 pernah juga menjabat Kasubdit V Dittipidnarkoba Bareskrim Polri.

Alberd Sianipar yang si ‘Anak Medan’ ini memang satu angkatan dengan Ferdy Sambo di Akpol 94. Namun dia kalah melejit dengan Ferdy Sambo dan pangkatnya juga dibawah Sambo.

BACA PULA | Ulah Brimob Bentak-bentak Wartawan di Sidang Ferdy Sambo

Seperti diberitakan TOPMETRO.NEWS sebelumnya, membentak-bentak wartawan. Begitulah ulah oknum Brimob di proses sidang etik Ferdy Sambo di gedung TNCC, Mabes Polri, Kamis (25/8/2022).

Mabes Polri pun minta maaf ke wartawan terkait ulah Brimob loreng yang membentak wartawan kala meliput dan meng-update berita sidang kode etik mantan Kadiv Propam Polri itu.

Permohonan maaf ke media itu langsung disampaikan Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo usai sidang etik Ferdy Sambo, Jumat (26/8/2022).

“Saya Kadiv Humas menyampaikan permohonan maaf sebesar-besarnya kepada rekan-rekan media mungkin dalam peliputan hari ini ada hal yang kurang berkenan,” kata Dedi.

Dedi menuturkan, peristiwa yang yang terjadi Kamis (25/8/2022) pagi itu membuat para awak media tidak nyaman. Karena itu, jenderal bintang dua ini atas nama Polri kembali mengulang permohonan maaf.

sumber/foto | pojoksatu

Related posts

Leave a Comment