Tonny Nainggolan: 4 Napi Asing Kabur dari Penjara

napi kabur

TOPMETRO.NEWS – Kasus kaburnya tahanan terjadi lagi. Kini, 4 tahanan asing kabur dari Lapas dengan cara menggali terowongan dari dalam lapas hingga ke luar lapas.

Menurut polisi, ke 4 tahanan kabur dari klas II A Denpasar di Kerobokan yang berhasil meloloskan diri itu yakni Shaun Edward Davidson (Australia), Dimitar Nikolov Iliev (Bulgaria), Sayed Mohammed Said (India) dan Tee Kok King Bin Tee Kim Sai (Malaysia). Pelarian mereka  baru diketahui pukul 08.00 Wita, saat pengecekan apel pagi.

“Saat serah terima jaga saat itu dalam kondisi hujan. Pada saat pengapelan di blok Bedugul, tempat blok binaan berkewarganegaraan asing,  ternyata empat orang warga binaan tidak ada di dalam bloknya,” terang Kepala Lapas Kerobokan, Tonny Nainggolan, Selasa (20/6).

Mengetahui kondisi tersebut, para petugas melakukan penyisiran lokasi sekitar, termasuk areal sekitar tembok dengan harapan akan menemukan jejak keempatnya. Salah satu petugas secara tidak sengaja akhirnya menemukan tutup yang diduga septictank. Namun, setelah dibuka ternyata lubang tersebut gorong-gorong yang diduga bekas parit yang diuruk.

“Kami menduga selama ini itu adalah tutup septictank, ternyata bukan. Ternyata tutup kontrol parit yang tembus sampai keluar. Sehingga, diduga 4 orang itu kabur melalui lubang ini,” tuturnya.

Pihaknya menyatakan, tidak ada peralatan yang ditemukan, hanya ada dua buah ember,  handuk, tempat minum dan sandal.

“Kami telusuri terkait kemungkinan adanya keterlibatan warga binaan lain maupun pegawai Lapas,” imbuhnya.

Keempat tahanan asing yang kabur tersebut,  dua orang merupakan kasus tindak pidana narkotika, seorang merupakan kasus tindak pidana pencucian uang, dan seorang lagi lantaran terkait  kasus keimigrasian. Saat ini tercatat ada  65 orang  warga binaan asing di blok Bedugul tinggal 65 orang.

Sementara itu, salah satu warga binaan yang menjadi saksi, Aris Noprianto, 30, penghuni blok Bedugul, kamar 14, menjelaskan, pada saat sholat subuh pukul 05.00 Wita, melihat satu orang asing Sayed Mohammaed Said, duduk bengong di kamarnya.

Sementara Kapolres Badung AKBP Yudith Satriya Hananta membenarkan adanya 4 warga binaan Lapas Kelas II A Denpasar yang melarikan diri.

“Kami masih menyelidiki warga binaan yang melarikan diri itu, saksi-saksi sedang kami ambil keterangannya, termasuk petugas jaga. Kami memberdayakan Bhabinkamtibmas, dan petugas kami masih mencari informasi keberadaan 4 warga negara asing warga binaan lapas yang kabur.” (tmn)

Related posts

Leave a Comment