Ombudsman Perwakilan Sumut Kunjungi Disdukcapil Asahan

Ombudsman Perwakilan Sumut Kunjungi Disdukcapil Asahan
Advertisement

topmetro.news – Tim Ombudsman perwakilan Provinsi Sumatera Utara diantaranya Tety Silaen dan Ricky Hutahaean kunjungi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Asahan. Kedatangan tim disambut Kadisdukcapil Asahan Rahmanto S.Sos M.Si dan Sekretaris Amiruddin Marpaung SH, Rabu (31/8/2022).

“Ombudsman merupakan lembaga negara yang mempunyai kewenangan mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik. Baik yang diselenggarakan penyelenggara negara dan pemerintahan. Termasuk BUMN, BUMD, BHMN, badan swasta atau perseorangan yang diberi tugas menyelenggarakan pelayanan publik tertentu. Yang sebagian atau seluruh dananya bersumber dari APBN atau APBD,” kata Rahmanto.

Lebih lanjut, Rahmanto mengatakan Disdukcapil Asahan sudah melakukan perbaikan untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Prinsipnya, kami mau berubah sesuai visi misi yang ditetapkan pusat maupun visi misi Disdukcapil Asahan. Kami berharap ada hal yang bisa didiskusikan demi perbaikan pelayanan.

Dalam kesempatan tersebut, Sekertaris Disdukcapil Asahan memaparkan beberapa inovasi terkait digitalisasi informasi pelayanan publik yang telah mengalami perubahan sepanjang tahun 2022.

Ombudsman melakukan penilaian tidak hanya atas ketersediaan standar pelayanan dan penilaian persepsi mall administrasi saja. Namun juga mengukur kompetensi penyelenggara layanan, sarana prasarana dan pengelolaan pengaduan. Ombudsman juga melakukan wawancara terhadap masyarakat yang merupakan responden dari penerima layanan publik.

Tim ombudsman menyampaikan bahwa semua hasil indikator penilaian akan diumumkan secara nasional dan disampaikan kepada Pemkab Asahan di akhir tahun 2022.

Penulis : EN

 10,963 total views,  74 views today

Advertisement

Related posts

Leave a Comment