Kanim Polonia Rapat Koordinasi TIM PORA Wilayah Deli Serdang

Kanim Polonia Rapat Koordinasi TIM PORA Wilayah Deli Serdang

topmetro.news – Kantor Imigrasi Kelas I TPI Polonia kembali menggelar Rapat Koordinasi Tim Pengawasan Orang Asing (TIM PORA) untuk mengawasi keberadaan dan kegiatan orang asing di Wilayah Kabupaten Deli Serdang, Rabu (7/9/2022) kemarin.

Melalui siaran pers pada Kamis (8/9/2022), menyebutkan bahwa rapat TIM PORA merupakan rapat kedua setelah pelaksanaan rapat TIM PORA Tingkat Kota Medan yang berlangsung pada 19 April 2022 lalu di Hotel Madani Medan.

Pelaksanaan rapat TIM PORA kali ini mencakup wilayah Kecamatan Tanjung Morawa, Kecamatan Patumbak dan Kecamatan Delitua. Mengusung tema ‘Meningkatkan Sinergitas Antar Instansi Terkait Pengawasan Orang Asing di Wilayah Kabupaten Deli Serdang’.

Kegiatan yang berlangsung di Room Meeting Restoran Simpang Tiga Tanjung Morawa, turut hadir seluruh stakeholder yang terlibat dalam anggota TIM PORA,  di antaranya, Camat Tanjung Morawa, Camat Patumbak, Camat Deli Tua, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Deli Serdang, Ketua Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat Deli Serdang dan Kepala Kantor Kementerian Agama Deli Serdang.

Selain itu, turut hadir juga mewakili Badan Kesbangpol Deli Serdang, Kodim 0204/DS, Kasi Intel Kejaksaan Negeri Deli Serdang. Selanjutnya Kasat Intel Kepolisian Resor Deli Serdang, Disnaker Deli Serdang, Disdukcapil Deli Serdang, Badan Intelijen Strategis TNI dan BIN Deli Serdang.

Kepala Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara, Ignatius Purwanto membuka rapat ini.

Dalam sambutannya, Purwanto berharap agar rapat TIM PORA bisa menjadi wadah pertukaran ide dan gagasan. Serta mampu membangun jejaring kerja sama kemitraan maupun aksi-aksi dengan berbagai sumber potensial lainnya. Dalam rangka mendorong terwujudnya kerjasama dan sinergitas dalam penyelenggaraan pengawasan orang asing di Kabupaten Deli Serdang.

“Konsentrasi timpora di antaranya untuk deteksi dini penyalahgunaan Izin Tinggal Orang Asing, potensi spionase Orang Asing. Dan pengungsi yang ada di Community House,” terang Purwanto.

Turut hadir Kabid Inteldakim Kanwil Kemenkumham Sumut, Gelora Adil Ginting dan Kepala Rumah Detensi Imigrasi Medan, Vincentius Purwo Hendratmoko.

Kanim Polonia Rapat Koordinasi TIM PORA Wilayah Deli Serdang

Bertindak sebagai narasumber Kepala Kantor Imigrasi Polonia, Yan Wely Wiguna dalam paparannya mengatakan kurangnya SDM petugas Imigrasi maka dipandang perlu melakukan kolaborasi dengan instansi terkait di wilayah kerja tertentu dalam hal pengawasan Orang Asing.

“Banyaknya permasalahan orang asing maka butuh tukar menukar informasi dalam lingkup wadah TIMPORA. Bahkan dapat lakukan aksi operasi gabungan pengawasan orang asing,” imbuh Yan Wely.

“Luasnya wilayah kerja Kabupaten Deli Serdang juga dituntut soliditas dan sinergitas yang kuat dalam wadah TIMPORA. Di mana komunikasi pertukaran informasi dapat langsung disampaikan. Khususnya terkait keberadaan orang asing yang berpotensi melakukan pelanggaran Keimigrasian,” tambah Yan Wely.

Dalam forum rapat ini membahas mengenai isu-isu strategis tentang konflik yang timbul sekaligus penanganan dalam hal pengawasan keberadaan dan kegiatan orang asing di wilayah Kabupaten Deli Serdang. Khususnya di Kecamatan Tanjung Morawa, Kecamatan Patumbak dan Kecamatan Delitua.

Melalui Rapat Koordinasi TIM PORA,  harapannya mampu meningkatkan sinergitas dan soliditas antar instansi terkait dalam upaya penegakan hukum keimigrasian.

reporter : Thamrin Samosir

Related posts

Leave a Comment