Tertarik Kerja Sama Bidang Pertanian dan Pariwisata, Bupati Samosir Bertemu Konjen RRT di Medan

Bupati Samosir Vandiko T Gultom melakukan kunjungan balasan ke Konsul Jenderal (Konjen) Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Zhang Min, Kamis (8/9), bertempat di Rumah Dinas Jalan Cut Nyak Dien Nomor 5 Medan.

topmetro.news – Bupati Samosir Vandiko T Gultom melakukan kunjungan balasan ke Konsul Jenderal (Konjen) Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Zhang Min, Kamis (8/9/2022), bertempat di Rumah Dinas Jalan Cut Nyak Dien Nomor 5 Medan.

Sebelumnya pada 12 Agustus 2022 lalu, Konjen RTT tersebut pernah berkunjung ke Samosir.

Konjen Tiongkok Zhang Min menyampaikan ucapan terimakasih atas kehadiran Bupati Samosir Vandiko T Gultom di Konjen Tiongkok. Ia menyampaikan, pada saat kunjungannya ke Samosir, sangat tertarik melihat keindahan, budaya, dan sejarah terbentuknya Samosir, dari hasil letusan gunung.

Ia menjelaskan, jumlah wisatawan dari Tiongkok yang datang ke Indonesia rata-rata 20.000 per tahun. Di mana 90% berkunjung ke Bali. Sisanya ke tempat wisata lain, salah satunya di Samosir.

“Saya berharap wisatawan dari Tiongkok meningkat ke Samosir. Saya pasti akan ikut mempromosikan Samosir. Hal yang mendukung peningkatkan kunjungan wisatawan yaitu, kondisi Pandemi Covid dan infrastruktur,” ujar Zhang Min.

Ia juga akan mencari kabupaten di RRT yang mirip dengan culture dan geografis Samosir. Untuk kemudian menjadi ‘sister city’ dengan tujuan bertukar informasi dan teknologi. Terutama dalam bidang parawisata dan pertanian.

Ia mengungkapkan, ‘sister city’ Provinsi Sumatera Utara dan Provinsi Guang Dong di RRT akan melaksanakan perayaan 20 tahun. “Di momen itu akan kita bangun ‘sister city’ Samosir dengan salah satu kabupaten di RRT,” ujarnya.

Bangga Samosir

Sementara Vandiko Gultom menyampaikan terima kasih atas undangan Konjen RRT di Medan kepada Pemkab Samosir. Sebelumnya Vandiko juga minta maaf, karena saat kunjungan Konjen ke Samosir, ia tidak bisa bertemu karena lagi tugas di luar kota.

Vandiko pun menyampaikan rasa senang dan bangga. Karena dari cerita Konjen, sangat memahami betul Samosir dan sangat tertarik melihatnya.

Dari penyampaian Zhang Min, Vandiko juga sangat tertarik melakukan kerjasama dengan konsep ‘sister city’ tersebut. “Perkembangan RRT sangat luar biasa dengan penerapan teknologi dalam banyak bidang. Dan saya sangat tertarik bekerjasama dalam bidang parawisata dan pertanian ke RRT,” ujar Vandiko.

“Kami berharap besar Bapak Konjen RRT di Medan membantu mempromosikan wisata Samosir kepada masyarakat RRT yang jumlahnya sangat besar. Sehingga kunjungan wisata meningkat ke Samosir,” katanya.

Pemkab Samosir juga berniat belajar pengelolaan pertanian dengan pemanfaatan teknologi. Di mana petani adalah mayoritas masyarakat Samosir.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Samosir mengundang Konsulat RRT dan staf bisa menghadiri ‘Samosir Ultra Marathon’, tanggal 17 September 2022, sembari menyerahkan undangan.

Di akhir pertemuan, kedua belah menyampaikan agar pembicaraan-pembicaraan segera ditindaklanjuti dengan komunikasi lanjutan. Selanjutnya kedua belah pihak bertukar cendera mata.

Tampak hadir mendampingi Bupati Samosir, Sekda Hotraja Sitanggang dan beberapa pimpinan OPD. Sedangkan dari pihak Konjen ada Wakil Konjen RRT di Medan dengan beberapa staf.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment