AKBP Jerry Siagian Akhirnya Dipecat Polri, Terlibat Kasus Sambo

Akhirnya dipecat Polri

TOPMETRO.NEWS — Akhirnya dipecat Polri. Begitulah nasib AKBP Jerry Siagian, eks Wadir Reskrimum Polda Metro Jaya yang dipecat Polri imbas mengikuti skenario Ferdy Sambo atas tewasnya Brigadir Joshua alias Brigadir J.

AKBP Jerry Siagian dipecat Polri karena kesalahan memimpin rapat di Polda Metro Jaya yang melibatkan LPSK dan elemen lain untuk memberikan perlindungan kepada Putri Candrawathi, istri Ferdy Sambo.

Jerry Raymond Siagian, nama lengkap mantan Wadir Reskrimum Polda Metro Jaya ini dipecat Polri karena kesalahan mengadakan rapat di Polda Metro, Jumat (29/7/2022) silam.

Sekadar diketahui, AKBP Jerry Raymond Siagian telah menjalani sidang kode etik karena dinilai tidak profesional menangani kasus tewasnya Brigadir Josua Hutabarat.

Sidang kode etik ini dipimpin Wakil Irwasum Polri Irjen Tornagogo Sihombing.

Sidang dimulai sejak Jumat (9/9/2022) sore hingga Sabtu (10/9/2022) dinihari.

Hasil sidang etik AKBP Jerry Siagian, dihukum pemberhentian tidak dengan hormat (PTDH) alias dipecat dari Polri.

“Pemberhentian tidak dengan hormat sebagai anggota Polri,” ucap Kombes Rahmat Pamudji di ruangan sidang etik, seperti dilihat di Instagram @polritvradio, Sabtu (10/9/2022).

Dari hasil sidang itu, AKBP Jerry Siagian juga disanksi ditempatkan di tempat khusus (patsus) selama 29 hari.

Namun patsus itu telah dijalaninya dari 11 Agustus sampai 9 September 2022.

“Sanksi administratif, yaitu penempatan khusus selama 29 hari dari tanggal 11 Agustus sampai dengan 9 September 2022 di Rutan Mako Brimob Polri dan penempatan di tempat khusus tersebut telah dijalani oleh pelanggar,” ujarnya.

Ini Kesalahan Jerry Siagian

AKBP Jerry R Siagian sebelumnya pernah memimpin rapat di Polda Metro yang mendesak perlindungan terhadap istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi.

Skenario licik dijalankan Ferdy Sambo Cs demi meyakinkan orang bahwa istri Sambo benar korban pelecehan dan perlu dilindungi. Rapat sampai digelar Polda Metro dipimpin Wadir Reskrimum AKBP Jerry Siagian.

Skenario licik sampai rapat harus digelar di Polda Metro Jaya dan dipimpin Wadir Reskrimum AKBP Jerry R Siagian demi Putri Candrawathi ini diungkap Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK).

Sementara Wakil Ketua LPSK, Edwin Partogi Pasaribu mengatakan pihaknya memang menghadiri undangan di Polda Metro pada Jumat (29/7/2022).

Pertemuan yang dihadiri berbagai lembaga itu dipimpin Wakil Direktur Reserse Kriminal Umum (Wadirreskrimum) Polda Metro Jaya, AKBP Jerry R Siagian.

“Betul hadir. Dihadiri, dipimpin oleh beliau,” kata Edwin kepada wartawan di kantor LPSK, Jakarta Timur, Selasa (16/8/2022).

Edwin Pasaribu menjawab keterlibatan Wadirreskrimum PMJ AKBP Jerry dalam pertemuan itu.

Edwin mengatakan pertemuan itu bukan hanya dihadiri LPSK, melainkan ada Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, tenaga ahli Kantor Staf Presiden, Komnas Perempuan, Komnas Perlindungan Anak Indonesia (KPAI).

Kemudian Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan Psikolog. Di sanalah LPSK diminta untuk segera mengabulkan permohonan perlindungan.

“Kehendak dari forum itu termasuk juga pengundang adalah LPSK segera melindungi ibu PC,” tegasnya soal keterlibatan Wadir Reskrimum Polda Metro Jaya AKBP Jerry Siagian yang kini dipecat Polri itu.

TOPIK TERKAIT | AKBP Jerry Siagian Diadili, ‘Tabrak’ Kode Etik Profesi

Seperti diberitakan TOPMETRO.NEWS sebelumnya, Jerry Siagian Diadili. Pemilik nama lengkap AKBP Jerry Raymond Siagian ini rencananya diadili dalam sidang kode etik profesi Polri, Jumat (9/9/2022). Diketahui, AKBP Jerry Raymond Siagian merupakan mantan Wadirkrimum Polda Metro Jaya.

Irjen Pol Dedi Prasetyo, Kadiv Humas Polri mengatakan sidang komisi etik terhadap AKBP Jerry Raymond Siagian diagendakan Jumat, 9 September 2022.

sumber/foto | pojoksatu

Related posts

Leave a Comment