Bupati Samosir Sambut Baik Audiensi Tim Percepatan Pembangunan Kabupaten Serdang Bedagai

Bupati Samosir Vandiko T Gultom menyambut baik audiensi TPP Sergai (Tim Percepatan Pembangunan Kabupaten Serdang Bedagai), di Lobi Ruang Bupati Samosir, Senin (12/9/2022).

topmetro.news – Bupati Samosir Vandiko T Gultom menyambut baik audiensi TPP Sergai (Tim Percepatan Pembangunan Kabupaten Serdang Bedagai), di Lobi Ruang Bupati Samosir, Senin (12/9/2022).

Audiensi dalam rangka meningkatkan kerja sama Kabupaten Samosir dan Kabupaten Serdang Bedagai di bidang UMKM, pariwisata, dan kesehatan.

Hadir bersama TPP Sergai, Ketua Budi SE MM, bersama anggota Tonggo Napitupulu, Johnny Silaban, dan Tahizy Sumalim. Lalu, Kadis Perindag Sergai Roy Pane, Kabag Kerja Sama Setdakab Sergai Torangjo Situmorang.

Kemudian ada Direktur PT Akbar Rimba, founder MiDi, founder Toba Wine Coffee Sutrisno, Ketua Masyarakat MIGI (Masyarakat Ikan Gabus Indonesia) Yunan Rhedian, Dewan UMKM Sergai Riswan, praktisi pariwisata Samosir Reinhard Sidabutar.

Ketua TPP Sergai menyampaikan apresiasi dan rasa bangga bisa diterima Pemkab Samosir. Terutama bisa menjalin kerja sama antarkedua pemerintah daerah dalam peningkatan produktivitas dan pemasaran UMKM.

Lebih lanjut kata Budi SE MM, bahwa Kabupaten Samosir sebagai destinasi pariwisata Super Prioritas mempunya potensi besar untuk menarik minat wisatawan. Untuk itu ia menawarkan adanya kerja sama dalam menjadikan ikon produk UMKM unggulan daerah sebagai kebijakan peningkatan PAD untuk Kabupaten Samosir dan Serdang Bedagai.

Sebagai salah satu daerah pertanian, dengan sentra produksi komoditi kopi, Kabupaten Samosir memiliki peluang untuk menghasilkan produk unggulan dan produk turunan dari kopi yang mampu menjadi ikon pariwisata dan masyarakat Samosir. Yang kemudian berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat.

Selain terbangunnya kerja sama dalam UMKM dan pariwisata, sebagai ‘saudara kembar’ yang mekar dari undang-undang yang sama, Budi SE ME juga mengajak adanya kerja sama dan komitmen dalam mempercepat pencapaian target penurunan stunting menjadi 14 persen pada tahun 2024. Yaitu melalui peningkatan pangan lokal berupa ekstrak gabus. Di mana pengerjaannya oleh kedua daerah dengan bantuan Masyarakat Ikan Gabus Indonesia (MIGI).

Akselerasi Perekonomian

Sementara Bupati Samosir sangat menyambut baik kehadiran TPP Sergai dalam menjalin kerja sama dengan Pemkab Samosir. “Setelah situasi pandemi selesai, kita harus mempersiapkan percepatan pertumbuhan perekonomian, yang harus kita akselerasi. Dan untuk percepatan ini tidak bisa dilakukan sendiri. Untuk itu perlu kerja sama antara pemerintah dengan seluruh stakeholder serta menggandeng masyarakat,” ujar Bupati Vandiko.

Bupati juga menjelaskan perlunya terbangun sinergisitas antar daerah. Terutama daerah sesama Sumatera Utara, untuk saling mengisi agar percepatan peningkatan pertumbuhan ekonomi dapat segera tercapai.

Vandiko juga mengajak seluruh jajarannya untuk dapat berkoordinasi dengan pemkab dan TPP Sergai untuk mengkaji lebih lanjut hubungan kerja sama tersebut.

“Pada intinya kami terbuka untuk menjalin kerja sama dengan seluruh stakeholder dan investor yang ingin membantu peningkatan perokonomian di Samosir. Saya juga menekankan agar setiap kerja sama dan usaha agar untuk mengikuti seluruh regulasi dan tidak melanggar aturan. Dan yang paling utama adalah agar masyarakat wajib terlibat,” tutup Bupati Vandiko.

Hadir dalam pertemuan tersebut, Sekdakab Hotraja Sitanggang, Tim Bupati Percepatan Pembangunan Samosir, dan pimpinan OPD.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment