Bupati Samosir Rapat Kerja Bersama Kepala Desa dan Lurah

Bupati Samosir Vandiko T Gultom memimpin rapat kerja bersama lurah/kepala desa se-Kecamatan Nainggolan dan Palipi. berlangsung di Aula Kantor Bupati Samosir, Kamis (15/9/2022).

topmetro.news – Bupati Samosir Vandiko T Gultom memimpin rapat kerja bersama lurah/kepala desa se-Kecamatan Nainggolan dan Palipi. berlangsung di Aula Kantor Bupati Samosir, Kamis (15/9/2022).

Yurut hadir Sekdakab Samosir Hotraja Sitanggang, Asisten I Tunggul Sinaga, dan Inspektur Daerah Marudut Tua Sitinjak. Kemudian Plt Kadis Ketahanan Pangan dan Pertanian Dr Tumiur Gultom, Kadis Sosial dan Pemdes Fitri Agus Karokaro. Juga ada Ketua Tim Bupati Percepatan Pembangunan Raun Sitanggang, Camat Palipi Ronal Martohap Sinaga, dan Camat Nainggolan Tino Luhut Uli Nainggolan.

Hotraja dalam sambutannya mengatakan, topik rapat kerja terkait 10 Program Unggulan Pembangunan Daerah Kabupaten Samosir. Juga membahas potensi yang bisa bermanfaat di lingkungan untuk pembuatan pupuk organik. Kemudian soal informasi-informasi harus sampaia kepada pimpinan, melayani masyarakat dengan mempercepat pengurusan dokumen-domumen kependudukan.

Pemkab, pemerintah kecamatan, dan pemdes harus melayani masyarakat degan baik. Kepala desa agar memperhatikan kenyamanan dan menampung aspirasi masyarakat untuk pembangunan di desa. Kepala desa harus menjadi contoh dan teladan bagi masyarakat.

Pengoptimalan alat berat harus sesuai SOP dan apa kendala di masyarakat.

“Potensi yang kita miliki harus kita manfaatka,” kata Sekda seraya memberikan apresiasi kepada camat se-Kabupaten Samosir. Ia mengaku sangat bangga dengan kinerja dan respon para camat atas keluhan-keluhan masyarakat tentang pembangunan.

Sirtunisasi

Selanjutnya Bupati minta supaya Program Pemkab Samosir betul-betul terlaksana di lapangan. Terkait program sirtunisasi supaya kepala desa mendata sebanyak mungkin pembukaan jalan untuk pertanian.

“Program sertunisai ini langsung menyentuh masyarakat. Dan kami bertekat agar seluruh jalan di desa terakses, terutama sentra-sentra pertanian. Kepala desa diharapkan mensosialisasikan kepada masyarakat agar jalan dapat dibuka supaya masyarakat terbantu. Jalan antar desa terhubung, masyarakat akan senang. Dan saya sangat bangga karena antusias mayarakat dan kepala desa sudah cukup baik dan menjadi semangat buat saya,” ujar Bupati.

Dalam kesempatan tersebut, Vandiko juga menginstruksikan kepada Dinas Pertanian untuk menggalakkan program pembuatan pupuk orgaik. Kepala desa juga agar betul-betul mendukung di daerah masing-masing. Di beberapa desa telah terlaksana dan menjadi solusi mengatasi keterbatasan pupuk kimia.

Bupati Samosir juga minta agar kepala desa terhindar dari kegiatan-kegiatan yang melanggar hukum. Ia mengharapkan Inspektorat Kabupaten Samosir mendampingi kepala desa dalam penyerapan anggaran desa. Harapannya, penyerapan anggaran agar cepat terlaksana untuk kesejahteraan masyarakat.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment