Peringati World Cleanup Day 2022, Bupati dan Forkopimda Asahan Gotong Royong

Peringati World Cleanup Day 2022, Bupati dan Forkopimda Asahan Gotong Royong

topmetro.news – Untuk memperingati hari bersih bersih sedunia (world cleanup day) 2022, Bupati Asahan bersama Forkopimda melakukan gotong royong membersihkan sampah disepanjang Jalan Sutan Syarir dimulai dari Simpang Empat Stadion Mutiara Kisaran menuju Simpang Empat Gambir Baru Kisaran, Sabtu (17/9/2022).

Sebelum melaksanakan gotong royong, Bupati Asahan H Surya BSc membuka terlebih dahulu kegiatan world cleanup day tingkat Asahan di Halaman Kantor Disporapar.

Kadis Lingkungan Hidup Asahan H Rahmat Hidayat Siregar SSos MSi menyampaikan tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan kebersihan lingkungan dari limbah yang tidak dikelola dengan baik. Hidayat mengajak seluruh masyarakat dan Pemerintah agar berkontribusi dalam pengelolaan sampah.

Selanjutnya bertujuan untuk memimpin aksi gotong royong pungut sampah terbesar dengan harapan menumbuhkan rasa bahwa sampah adalah tanggungjawab bersama. Mengajak seluruh masyarakat untuk berpartisipasi dalam pengelolaan sampah menuju Asahan bebas sampah 2025.

Di akhir laporannya, Hidayat mengatakan Dinas LH setiap harinya mengangkut sampah 76 ton dari Kecamatan Kota Kisaran Barat, Kota Kisaran Timur, Air Joman, Tanjung Balai, Simpang Empat, Air Batu, Pulau Rakyat, Aek Kuasan dan Meranti. Jalan Sutan Syarir yang jadi pusat gotong royong, setiap harinya mengangkut 13 ton sampah.

Wakapolres Asahan Kompol Sri Juliani Siregar mengatakan Asahan menargetkan 500 relawan yang turut serta dalam kegiatan hari bersih sampah dunia ini. Kita memungut sampah sekitar 13 ton dan kita buang ke TPA.

“Kami berharap bersih bersih sampah yang ada dilingkungan kita tidak karna adanya momen hari sampah sedunia. Tapi kita lakukan setiap saat sehingga Asahan bebas sampah,” ujarnya.

Wakapolres mengajak untuk berkomitmen serta membudayakan tidak membuang dan membakar sampah sembarangan, sehingga sampah tidak menjadi tempat berkembang biaknya bibit penyakit dan sumber polusi. Sampah akan menjadi mata pencaharian baru yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi serta tenaga kerja yang banyak.

Bupati di dampingi Forkopimda menyerahkan alat-alat kebersihan kepada TNI-Polri, Lurah, Bhayangkari, mahasiswa serta pelajar.

Gotong Royong

Bupati mengatakan acara world cleanup day ini merupakan yang pertama berlangsung di Asahan bahkan Sumut. Tujuannya untuk memimpin aksi gotong royong pungut sampah dan peduli lingkungan. Kegiatan ini merupakan momen penting dalam mendukung visi misi Pemkab Asahan ‘Sejahtera, religius dan berkarakter’.

Bupati mengajak seluruh masyarakat untuk mengelola sampah dengan baik karena sampah bukan hanya tanggungjawab Pemerintah tetapi tanggungjawab kita bersama. Kepada seluruh ASN agar dapat memperhatikan hal sebagai berikut :

  1. Dukung pelaksanaan dan sosialisasikan secara masif Perda Asahan No 6 tahun 2020 tentang pengelolaan sampah.
  2. Beri contoh kepada masyarakat dalam mengelola sampah dari sumbernya yaitu dari rumah. Dan laksanakan program 3R (reduce, reuse, recycle) mengurangi, menggunakan kembali, mendaur ulang.
  3. Tanamkan dan sosialisasikan moto “kita jaga alam, alam jaga kita”.
  4. Mari bersama kita perangi sampah, karena sampah bukan warisan anak cucu kita.

 

Penulis : EN

Related posts

Leave a Comment