Bupati Taput Paparkan Etika Budaya Politik pada pemilih pemula

Bupati Taput Dr Nikson Nababan MSi memberikan paparan Sosialisasi Budaya Politik Bagi Pemilih Pemula di Aula SMA HKBP 2 Tarutung, Kamis (29/9/2022).

topmetro.news – Bupati Taput Dr Nikson Nababan MSi memberikan paparan Sosialisasi Budaya Politik Bagi Pemilih Pemula di Aula SMA HKBP 2 Tarutung, Kamis (29/9/2022). Turut mendampingi, Kepala Badan Kesbangpol Tony Simangunsong.

Tony Simangunsong dalam laporannya menyampaikan, agenda sosialisasi tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai etika budaya politik. Sehingga para pelajar dapat menjadi pemilih pemula yang cerdas.

Pada kesempatan itu, Dr Nikson Nababan memberikan paparan terkait etika budaya politik di hadapan siswa. Juga soal keterwakilan pelajar sekolah lanjutan tingkat atas yang merupakan pemilih pemula.

Bupati Taput juga menerangkan perlunya etika dalam politik. “Anak-anakku pelajar, sebagai pemilih pemula harus cerdas dan memiliki etika budaya politik,” ujarnya.

Ia berharap, para pelajar dapat menentukan pilihan dalam pemilihan umum berdasarkan hati nurani. Serta menghindarkan diri dari pilihan terpaksa karena suruhan orang lain.

“Pilihlah dengan hati. Mana yang kamu anggap memiliki kemampuan untuk membangun kemandirian daerah dan bangsa,” sebutnya.

Peka Situasi

Para pelajar juga harus peka, mampu beradaptasi terhadap situasi apa pun. Serta belajar dengan baik agar berhasil mencapai cita-cita sesuai impian masing-masing.

“Kamu harus berada di garda terdepan melawan fitnah dan hujatan. Ikuti kata hati dan kebenaran, katakan yang benar. Karena adek-adek adalah generasi penerus bangsa ini,” jelasnya.

Selain itu, para siswa juga diharapkan untuk memiliki optimisme dan semangat juang melawan kebodohan dan kemiskinan. Serta senantiasa membekali diri dengan potensi yang mampu bersaing.

penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment