Hujan tak Henti Semalaman, Desa Banjar Aur Utara Dilanda Banjir Luapan Sungai Batang Bangko

Hujan yang mengguyur wilayah Kabupaten Mandailing Natal mulai Sabtu malam (15/10/22) hingga Minggu pagi (16/10/2022), menyebabkan debit air di sejumlah sungai mengalami peningkatan, sehingga meluap ke pemukiman warga.

topmetro.news – Hujan yang mengguyur wilayah Kabupaten Mandailing Natal mulai Sabtu malam (15/10/22) hingga Minggu pagi (16/10/2022), menyebabkan debit air di sejumlah sungai mengalami peningkatan, sehingga meluap ke pemukiman warga.

Seperti halnya terjadi di Desa Banjar Aur Utara Kecamatan Sinunukan yang tergenang banjir setinggi ± 50 cm. Penyebabnya adalah akibat luapan Sungai Batang Bangko.

Untuk memastikan kondisi banjir di Desa Banjar Aur Utara Kecamatan Sinunukan Kabupaten Mandailing Natal, wartawan mencoba menghubungi Camat Sinunukan Sukiman, Minggu (16/10/2022). Yakni, pada nomor kontak hand phone 08211495XXXX. Namun yang bersangkutan tidak menjawab walau telah tersambung. Hanya ‘voice mail’ operator yang menjawab.

Tidak mendapat jawaban dari Camat Sinunukan Sukiman, wartawan kemudian mencari informasi banjir di Desa Banjar Aur Utara melalui Kapolsek Batahan, Sinunukan Ipda Akmaluddin, Minggu (16/10/2022).

Di mana Kapolsek Batahan membenarkan adanya luapan akibat debit air sungai yang meningkat tersebut. Ia menjelaskan, air menggenangi pekarangan warga setelah terguyur hujan dari Sabtu malam hingga Minggu pagi.

“Ada luapan air dari sungai akibat guyuran hujan dan menggenangi pekarangan warga dengan kedalaman bervariasi mulai 30 cm hingga 50 cm. Saat ini personil Polsub Sektor Sinunukan Polsek Batahan terus bersiaga memantau kondisi di Desa Banjar Aur Utara. Saat ini air luapan sungai sudah mulai surut,” ungkapnya.

Ipada Akmaluddin juga berpesan kepada warga untuk terus meningkatkan kewaspadaan apabila cuaca masih hujan. Serta selalu berkoordinasi dengan Pemerintah Desa Banjar Aur Utara apabila ada hal yang dapat mengancam keselamatan warga.

reporter | Jeffry Barata Lubis

Related posts

Leave a Comment