Kapolres Langkat Hadiri Upacara Bendera Hari Santri Nasional di Alun Alun T.Amir Hamzah Stabat

Hari Santri Nasional

topmetro.news – Sebanyak 6.500 orang santri dari Pondok Pesantren (Ponpes) dan sekolah Madrasah se-Kabupaten Langkat berkumpul di Lapangan Alun Alun T.Amir Hamzah Kecamatan Stabat Kabupaten Langkat untuk mengikuti upacara pengibaran bendera dalam rangka peringati Hari Santri Nasional tahun 2022, Sabtu (22/10/2022).

Hal tersebut disampaikan Kapolres Langkat AKBP Danu Pamungkas Totok SH SIk melalui Kasi Humas AKP Joko Sumpeno dalam keterangan tertulis kepada awak media, pada Sabtu (22/10/2022). Dimana dalam keterangan yang disampaikan, upacara pengibaran bendera pada Hari Santri tersebut dengan tema “Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan”.

Dalam kesempatan itu, Plt.Bupati Langkat H.Syah Afandin diwakili Sekretaris Daerah Amril SSos MAP menjadi Inspektur Upacara Hari Santri tahun 2022 tersebut.

“Dalam memperingati Hari Santri tanggal 22 Oktober 2022, marilah kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT. Presiden Joko Widodo melalui Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 telah menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri. Penetapan 22 Oktober merujuk pada tercetusnya “Resolusi Jihad” yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia,” ucap Amril dalam membacakan pidato.

Sejak ditetapkan pada tahun 2015, lanjut Amril, kita pada setiap tahunnya selalu rutin menyelenggarakan peringatan Hari Santri dengan tema yang berbeda. Untuk tahun 2022 ini, peringatan Hari Santri mengangkat tema Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan.

“Pascakemerdekaan Indonesia, santri lebih semangat lagi memenuhi panggilan Ibu Pertiwi. Mereka tidak asyik dengan dirinya sendiri, tetapi terlibat secara aktif di dunia perpolitikan, pendidikan, sosial, ekonomi dan ilmu pengetahuan, selain juga agama,” ujarnya.

Peringatan Hari Santri, lanjut Amril, bukanlah milik santri semata, hari santri adalah milik kita semua, milik semua komponen bangsa yang mencintai tanah air, milik mereka yang memiliki keteguhan dalam menjunjung nilai-nilai kebangsaan.

“Karena itu, saya mengajak semua masyarakat Indonesia, apapun latar belakangnya, untuk turut serta ikut merayakan Hari Santri. Melalui momen Upacara Peringatan Hari Santri Tahun 2022 ini mari kita bersama-sama mendo’akan para pahlawan terutama dari kalangan ulama, kiai, santri yang telah syahid di medan perang demi kemaslahatan bangsa dan agama. Saya selaku Menteri Agama patut menyampaikan terima kasih juga kepada seluruh elemen masyarakat dari Sabang sampai Merauke yang hari ini sedang bersukacita merayakan Peringatan Hari Santri 2022,” pungkas Amril membacakan amanat Menteri Agama.

Usai melaksanakan upacara tersebut, para santri pondok pesantren dan dan siswa sekolah Madrasah melaksanakan pawai yang dilepas oleh Sekda Langkat H Amril SSos, MAP didampingi Kapolres Langkat AKBP Danu Pamungak Totok SH SIK dan para tamu undangan lainnya.

Adapun rute dalam pawai tersebut, dari titik Start Lapangan Alun Alun – Jl.Chairil Anwar – Jl.Imam Bonjol – Jl.KH. Wahid Hasyim – Jl.Agus Salim – Jl.Proklamasi dan kembali ke Lapangan Alun Alun T.Amir Hamzah Stabat.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Perwakilan Dandim 0203 Langkat Kapten Inf.Edi Susanto, Kakan Kamenag Langkat H.Ainul Aswad MA, Ketua MUI Langkat H.Zulkifli Ahmad Dian LC MA, para KUA se-Kabupaten Langkat, tokoh agama dan para tamu undanga.

Reporter I Rudy Hartono

Related posts

Leave a Comment