Faktor Terjadinya Penuaan Dini dan Cara Mencegahnya

Faktor Terjadinya Penuaan Dini dan Cara Mencegahnya
Advertisement

topmetro.news – Faktor terjadinya Penuaan Dini, Seiring bertambahnya usia, suatu proses internal terjadi di dalam tubuh, dari mulai pergantian sel hingga pemulihan yang berlangsung secara lambat dan membutuhkan waktu lebih lama untuk memperbaikinya. Hal tersebut menyisakan ruang untuk munculnya tanda-tanda penuaan, seperti keriput. Perubahan yang terjadi akan mengejutkan jika terjadi lebih awal dibandingkan dengan yang seharusnya, atau dapat dikenal sebagai penuaan dini.

Faktor Terbesar Pemicu Penuaan Dini

1. Sinar Matahari

Hal pertama yang dapat menjadi penyebab terjadinya penuaan dini adalah paparan sinar matahari. Sinar matahari ternyata mengandung zat-zat yang dapat menimbulkan dampak negatif pada kulit. Namun, beberapa orang yang kerap beraktivitas di luar ruangan sulit untuk menghindarinya. Maka dari itu, cobalah untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari langsung dengan menggunakan tabir surya saat berada di luar ruangan.

2. Radikal Bebas

Hal lainnya yang dapat menjadi penyebab terjadinya penuaan dini adalah radikal bebas yang masuk ke tubuh. Beberapa hal dapat menjadi penyebab timbulnya radikal bebas, seperti polusi lingkungan, air tercemar, hingga faktor cuaca. Agar dapat menghindari penuaan dini yang disebabkan hal ini, kamu dapat menerapkan pola makan sehat, seperti konsumsi buah dan sayur. Disarankan juga menggunakan masker saat di luar ruangan agar meminimalisir radikal bebas yang masuk ke tubuh.

3. Asap Rokok

Semua orang tahu apabila merokok adalah suatu kebiasaan yang buruk dan dapat memberi gangguan yang fatal. Selain itu, salah satu hal yang dapat terjadi sebagai dampak dari asap rokok adalah terjadinya penuaan dini pada tubuh. Kandungan nikotin yang terkandung pada rokok dapat mempengaruhi tubuh, terutama sel-sel kulit. Pada akhirnya, sel-sel kulit akan sulit regenerasi yang membuat wajah dan kulit terlihat kusam.

Cara Simple Mencegah Faktor Terjadinya Penuaan Dini

1. Minum air yang cukup! Sudah menjadi keharusan bagi kita untuk minum air putih 8 gelas dalam sehari hal itu sesuai dengan saran dokter.

2. Tidur yang cukup! Istirahat yang cukup bertujuan untuk menghindari stress yang berlebih terlebih setelah selesai bekerja.

3. Melakukan sesuatu agar stress terkurangi. Dengan melakukan aktifitas berarti kita mampu untuk menekan tingkat stress yang berlebih.

4. Skincare! Perawatan tubuh wajib hukumnya bagi mereka yang sedang melakukan perawatan dan itu tidak hanya berlaku bagi kaum wanita saja .

Ciri-ciri Penuaan Dini Yang Paling Umum Yaitu:

1. Muncul garis halus dan kerutan.

2. Muncul bintik-bintik coklat di area kulit terbuka.

3. Kulit menjadi kusam.

4. Pipi tampak turun dan mengendur.

5. Pori-pori wajah membesar.

Penulis | Uca

Advertisement

Related posts

Leave a Comment