Pembebasan Lahan Kendala PLTA Asahan III, Pemkab Siap Bantu Cari Solusi

Pembebasan Lahan Kendala PLTA Asahan III, Pemkab Siap Bantu Cari Solusi
Advertisement

topmetro.news Bupati/Wakil Bupati Asahan, Dandim 0208 Asahan, Kapolres Asahan, Kajari Asahan, Danlanal TBA, Ketua PN Kisaran, Ketua PA Kisaran, Asisten dan OPD menerima audiensi PLTA Asahan III di Aula Mawar Kantor Bupati Asahan, Rabu (16/11/2022).

Manager PLTA Asahan III, Agil Darmawan menyampaikan tentang perkembangan Asahan 3 Hydroelectric Power Plant (HEPP) Project yang berlokasi di Kecamatan Aek Songsongan. Darmawan juga menyampaikan terkait tata letak proyek (project layout), data proyek (project data) dan kendala yang dihadapi dalam pembangunan PLTA Asahan III. Di antaranya ketidaksepakatan beberapa masyarakat pemilik lahan dengan harga penggantian wajar yang Kantor Jasa Penilai Publik (KJPP) tetapkan.

“Sesuai ketentuan pembebasan lahan yang berlaku, proses pembebasan lahan telah di alihkan melalui mekanisme konsinyasi ke PN Kisaran. Namun dalam praktiknya di lapangan, beberapa pemilik lahan masih belum bersedia memberikan akses masuk ke lahan tersebut,” kata Darmawan.

Berkenaan dengan hal tersebut, Darmawan meminta dukungan dari Pemkab Asahan terkait pembangunan PLTA Asahan III serta dukungan langsung dari pihak Desa untuk mendampingi dan memberikan penjelasan ke masyarakat agar proses pengadaan tanah dan persiapan daerah lintasan jalur transmisi dapat segera di realisasikan.

Target 

“Pembangunan PLTA Asahan III targetnya selesai Maret 2024 dan sampai saat ini progres pekerjaan sudah mencapai 67%. Saya berterima kasih kepada seluruh pihak terkait. Khususnya Pemerintah dan Forkopimda yang telah berkolaborasi dengan baik. Sehingga progress pembangunan dapat berjalan sebagaimana mestinya, meskipun ada hal hal yang masih harus kita benahi bersama,” kata Darmawan.

Bupati Asahan H Surya BSc mengucapkan terima kasih kepada Manager PLTA Asahan III atas kunjungan dan eksposnya. Terkait kendala, kami akan membantu PLTA Asahan III untuk mencari solusi karena ini merupakan program nasional.

Bupati berharap kehadiran PLTA bermanfaat bagi masyarakat Asahan terkhusus yang berdomisili di sekitarnya.

“Saya berharap, apa yang kita diskusikan hari ini menghasilkan solusi agar pembangunan PLTA sesuai dengan target yang telah ditentukan. Dan segera dapat bermanfaat untuk kepentingan masyarakat,” ujarnya.

penulis : EN

Advertisement

Related posts

Leave a Comment