Ditunggu Realisasi Wacana RDP Terkait Bangunan Bermasalah Jalan Gagak Hitam

Wacana RDP (rapat dengar pendapat) yang dilontarkan anggota DPRD Medan terkait bangunan bermasalah di Jalan Gagak Hitam Sei Sikambing B Medan Sunggal, dapat respon positif dari kalangan masyarakat.
Advertisement

topmetro.news – Wacana RDP (rapat dengar pendapat) yang dilontarkan anggota DPRD Medan terkait bangunan bermasalah di Jalan Gagak Hitam Sei Sikambing B Medan Sunggal, dapat respon positif dari kalangan masyarakat.

Di antaranya dari Lembaga P3TA (Pengawas Pelayanan Publik dan Transparansi Anggaran) Sumut, yang menganggap wacana RDP tersebut patut dapat dukungan.

“Tentu saja itu hal yang sangat positif dan harus dapat dukungan semua pihak,” kata Bendahara Lembaga P3TA Drs RR Siregar, Kamis (17/11/2022), kepada media ini.

Oleh karena itu, ia pun meyakini, bahwa semua warga yang patuh dan taat terhadap peraturan, akan setuju dengan rencana RDP tersebut. “Bukan sekadar setuju. Kita semua menunggu realisasi wacana RDP terkait bangunan bermasalah di Jalan Gagak Hitam itu,” tandasnya.

Regar mengatakan, dengan terealisasinya wacana tersebut (RDP), maka DPRD Medan sudah ikut serta menegakkan marwah Pemko Medan terkait bangunan bermasalah.

“Bukan ingin mengatakan bahwa Pemko Medan tidak mampu. Hanya memang jadi pikiran, kenapa bangunan yang satu itu tetap tegak berdiri. Padahal, mengingat statusnya tidak punya IMB dan di atas sempadan jalan, mestinya ada pembongkaran habis,” katanya.

Regar mengakui, bahwa ia mengetahui informasi, bahwa sudah ada penyegelan terhadap bangunan itu. “Tapi apa memang hanya sebatas segel saja? Bukan kah harus dibongkar? Itu sebabnya, wacana RDP itu sangat kita nantikan, sehingga jelas seperti apa nanti kelanjutannya,” tutup Regar.

RDP

Sebelumnya, anggota DPRD Medan Dedy Aksyari Nasution ST menegaskan, bahwa gedung tanpa IMB dan berada di atas sempadan Jalan Gagak Hitam Sei Sikambing B Medan Sunggal harus dibongkar apabila memang menyalahi aturan.

Selain itu, anggota Komisi IV ini juga mengatakan, akan memanggil pengembang dan dinas terkait untuk RDP (Rapat Dengar Pendapat) di DPRD Medan.

Politisi Partai Gerindra ini menyampaikan penegasan tersebut, Selasa (15/11/2022) kemarin, menjawab pertanyaan topmetro.news mengenai keberadaan bangunan tanpa IMB di Jalan Gagak Hitam Sei Sikambing B Medan Sunggal (samping Mitsubishi Motors seberang SPBU Sunggal) tersebut.

Di mana bangunan itu berada di sempadan jalan dan berdasarkan pengakuan Kadis Perkim Medan beberapa waktu lalu, tidak punya IMB. Namun sampai sekarang bangunan itu hanya disegel dan tidak dibongkar. Padahal Pemko Medan sepertinya giat menertibkan bangunan bermasalah dan apalagi tanpa IMB.

“Nnti kita tindak lanjuti, kita panggil dinas terkait dan pengembang utk rdp,” tulis Dedy Aksyari Nasution ST, menjawab pertanyaan topmetro.news via WhatsApp.

Ketika topmetro.news menanyakan, apakah dirinya sependapat bahwa bangunan dimaksud harus dibongkar, karena memang berasa di atas sempadan jalan, yang artinya kan tak mungkin keluar IMB, anggota dewan dikenal vokal ini mengatakan, kalau menyalahi aturan, wajib bongkar.

“Nnti kita lihat penjelasan dan keterangan dari pihak2 terkait. Klu mmg menyalahi aturan wajib di bongkar…,” tulisnya lagi.

Mengenai kapan rencana pelaksanaan RDP, Dedy Aksyari Nasution ST mengatakan, secepatnya. “Secepatnya.. krn bnyk yg masuk mslh imb ini,” katanya.

reporter | Jeremi Taran

Advertisement

Related posts

Leave a Comment