Pemko Medan Didukung Wujudkan UHC di Tahun 2023

Pemko Medan Didukung Wujudkan UHC di Tahun 2023
Advertisement

topmetro.news Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (FPKS) mendorong Pemko Medan untuk mewujudkan Universal Health Coverage (UHC).  Juru bicara Fraksi PKS DPRD Medan, Dhiyaul Hayati ungkapkan hal itu saat menyampaikan pendapat fraksi PKS dalam pengesahan APBD TA 2023, di DPRD Medan, Selasa (22/11/2022).

“Permendagri Nomor 84 Tahun 2022 tentang Pedoman Penyusunan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2023  menyampaikan dalam rangka mewujudkan Universal Health Coverage (UHC), Pemda dapat menganggarkan iuran bagi seluruh penduduk yang didaftarkan oleh Pemda dengan manfaat pelayanan di ruang perawatan kelas III selain peserta Jaminan Kesehatan Nasional yaitu Pekerja Penerima Upah (PPU) dan Penerima Bantuan Iuran (PBI). Selanjutnya Pemerintah Daerah wajib melakukan integrasi Jaminan Kesehatan Daerah dengan Jaminan Kesehatan Nasional guna terselenggaranya jaminan kesehatan bagi seluruh penduduk dan tidak melakukan realokasi atas penganggaran JKN,” imbuhnya.

Karenanya, Dhiyaul mengatakan Fraksi PKS mendorong Pemko Medan untuk mewujudkan UHC di Kota Medan. Mengingat dari data yang ada kurang dari 1% lagi untuk mewujudkan UHC di Kota Medan.

Fraksi PKS meminta kepada Pemko Medan untuk segera mengoptimalkan pengoperasian RSUD H. Bachtiar Djafar dengan melengkapi jumlah layanan spesialisasi karena sangat masyarakat butuhkan.

Fraksi PKS juga mengapresiasi kenaikan target Pendapatan Asli Daerah yang  di proyeksikan sebesar 3,569 Triliun pada R-APBD 2023. Meningkat sebesar 17,01% dari target PAD Tahun Anggaran 2022.

“Fraksi PKS meyakini masih ada potensi pajak dan retribusi yang dapat ditingkatkan jika dikelola dengan baik dan tranparan. Seperti pajak reklame, retribusi penyewaan tanah dan bangunan, dan retribusi penyediaan pelayanan parkir di tepi jalan umum,” paparnya.

Terkait hal ini, Fraksi PKS meminta agar Pemko Medan melakukan kajian yang cermat terkait dengan PAD.

“Dengan meningkatnya sumber dana pembangunan maka program pembangunan dapat meningkatkan kuantitas dan kualitasnya,” tutupnya.

reporter : Thamrin Samosir

Advertisement

Related posts

Leave a Comment