Hadir di Pelantikan PGID, Wabup Sergai: Pemkab Sergai dan PGID Adalah Mitra Membangun Daerah

Wabup Sergai H Adlin Umar Yusri Tambunan ST MSP menghadiri pelantikan Pengurus Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia Daerah (PGID) Kabupaten Sergai. Berlangsung di Car and Resto Auto, Sei Rampah, Rabu (23/11/2022).
Advertisement

topnetro.news – Wabup Sergai H Adlin Umar Yusri Tambunan ST MSP menghadiri pelantikan Pengurus Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia Daerah (PGID) Kabupaten Sergai. Berlangsung di Car and Resto Auto, Sei Rampah, Rabu (23/11/2022).

Dalam sambutannya, atas nama pemkab, Wabup Sergai menyampaikan apresiasi dan menyambut baik pelantikan Pengurus PGID Kabupaten Sergai sebagai bentuk implementasi pelaksanaan tugas dan fungsi organisasi masyarakat.

Adlin Tambunan berharap, hendaknya kegiatan itu bisa sebagai momentum perbaikan, penyempurnaan, serta revitalisasi organisasi, agar semakin maju dan demokratis di masa-masa mendatang.

Wabup menyebut, pihaknya menaruh harapan besar pada PGID khususnya Cabang Sergai. Agar dalam organisasi ini dapat menciptakan kader-kader yang siap pakai serta cerdas dan mampu menempatkan diri sebagai agen-agen perubahan ke arah yang lebih baik, untuk bersama-sama menjadikan Sergai yang lebih sejahtera dan religius lagi.

Sembari mengutip semboyan PGI, ia juga berharap agar PGI menjadi organisasi yang menempatkan kesucian sebagai peringkat utama. Jangan sekali-kali mencari keuntungan. Selalu berjalan dalam hikmat. Kemudian janganlah khawatir maka mukjizat Tuhan akan terjadi.

“Untuk melakukan berbagai upaya pembangunan di Sergai ini, saya mengharapkan kepada Keluarga Besar PGID bisa memberikan sumbangsih dan peran serta kontribusinya kepada masyarakat Sergai. Serta membantu pemerintah dalam membangun kabupaten yang kita cintai ini,” pesan Adlin.

Tumbuh Bersama

Pemkab Sergai dan PGID, sambungnya, bisa tumbuh bersama memprioritaskan dan mendukung program pemerintah yang bersih dan reformasi, birokrasi, serta pemerintah lebih melayani masyarakat.

“Kita akan terus berusaha melaksanakan berbagai program yang langsung bersentuhan dengan masyarakat untuk mewujudkan visi dan misi Sergai yang Maju Terus: Mandiri, Sejahtera, dan Religius,” katanya.

Salah satu upaya untuk memenuhi visi yang religius, lanjutnya, wabup bersama bupati telah merumuskan serangkaian kebijakan di Bumi Sergai. Salah satu yang menyentuh Umat Kristiani adalah Program Gerakan Aksi Kasih (GAK). Ini melibatkan seluruh ASN beragama Kristen di lingkungan Pemkab Sergai.

“Selama ini Pemkab Sergai telah memberikan perhatian kepada guru Sekolah Minggu. Misalnya saja dengan mendaftarkan mereka ke BPJS Ketenagakerjaan. Dari data terbaru, penerima bantuan ini sudah mencapai 1.172 guru Sekolah Minggu,” terangnya lagi.

Tak lupa ia juga mengajak PGID untuk bersama-sama bersatu membangun Sergai melalui Program SAPDA atau Sapta Dambaan.

“Untuk itu sekali lagi saya mengharapkan komunikasi antara pemerintah dan ormas-ormas yang ada di Sergai harus tetap terpelihara. Ini karena ormas sebagai perantara bagi masyarakat yang akan menyampaikan aspirasinya kepada pemerintah,” tandas Adlin.

Dalam kegiatan itu ditetapkan pula para Pengurus PGID Sergai Periode 2022-2027. Antara lain, Pdt Ryns Warjono Pasaribu SSos MDiv (HKBP) terpilih sebagai ketua umum. Lalu, Ketua (Gereja dan Oikumene) Pdt Agus Tirtawaty Harahap STh (GMI), Ketua (Hubungan Pemerintah) Pdt Ebsan J Simanjuntak STh (HKI), Ketua (Keuangan dan Bisnis) Pdt. Santo Marpaung STh (HKBP).

Kemudian, Sekretaris Umum St Sahala Siburian SE (HKBP), Wakil Sekum Pt Yudha Prana Tarigan (GBKP), dan Bendahara Umum Pdt Jon Liberson Purba SSi Teol (GKPS).

Hadir juga perwakilan Kakan Kemenag Sergai, Kadis Nakerkop Drs Fajar Simbolon MSi. Ketua Pimpinan Wilayah PGI Wilayah Sumut diwakili Pdt J. Hasibuan dan Pdt Dr H Tarigan. Serta Pimpinan Distrik Wilayah (HKBP, GKPS, HKI) Pdt Sikpan Sihombing, Pdt Uba Panggabean, dan Pdt Renni Damanik.

penulis | Erris JN

Advertisement

Related posts

Leave a Comment