Berantas Premanisme, Polres Langkat Amankan Pelaku Pemalak Supir

Polres Langkat

topmetro.news – Program Patroli bersama Petugas Posko Pemberantasan Premanisme dan Pungli yang dilaksanakan jajaran Babinkamtibmas Polres Langkat Polda Sumut dinilai sangat efektif oleh para supir kendaraan antar lintas Provinsi Aceh-Sumut.

Kegiatan patroli antisipasi pungli di jalan lintas Besitang, Hinai dan Tanjung Pura Kabupaten Langkat selama 2 hari, yakni Sabtu (26/11/2022) dan Minggu (27/11/2022) dimulai pukul 20.00 WIB – 08.00 WIB tersebut dipimpin Kapolsek Tanjung Pura Polres Langkat Polda Sumut AKP Surahman SH bersama Padal Iptu Martin Ginting beserta Team yang terdiri dari gabungan personil Reskrim, Lantas dan personil Babinkamtibmas dari Polsek Tanjung Pura, Polsek Gebang dan Polsek Hinai jajaran Polres Langkat Polda Sumut.

Ada pun anggota Tim yakni Aiptu S.Harahap dari Lantas (Polsek Tanjung Pura), Bripka Dide Kusmayadi (Polsek Tanjung Pura), Bripka Ratno Ismawan (Polsek Tanjunga Pura), Bripka Ervan primayudi (Polsek Gebang, Aipda Afifuddin (Polsek Gebang, Aipda Hairuddin (Polsek Hinai, Aipda Suheri (Polsek Hinai, Aipda JP Hutasoit (Reskrim), Aipda Saiful kaloko (Reskrim) dan Aipda Sunario (Reskrim).

Menurut Kapolres Langkat Polda Sumut AKBP Danu Pamungkas Totok SH SIK melalui Kasi Humas AKP Joko Sumpeno menjelaskan bahwa pelaksanaan program Posko Patroli Bersama Petugas Posko Pemberantasan Premanisme dan Pungli terhadap para supir truck di jalinsum dipakksankan di wilkum Polsek Hinai Tanjung Pura dan Gebang.

“Patroli dilakukan di lokasi-lokasi rawan pungli dan aksi premanisme yakni lokasi Jembatan Tanjung Pura, perlintasan rel Kereta Api Tanjung Pura, Simpang Brandan-Tanjung Pura, Jalur Lintas Sumatera (Jalinsum) wilayah Hinai-Tanjung Pura dan Gebang serta wilayah rawan pungli sinsekitar Masjid Azizi Jembatan dan Rel Kerta Api,” paparnya.

Pelaksanaan kegiatan tersebut, lanjut AKP Joko, menggunakan Randis Patroli Roda 4.

“Pelaksanakan Patroli Bersama Petugas Posko Pemberantasan Premanisme pada jam tertentu dilakukan untuk mengantisipasi perbuatan pungli yang dilakukan oknum masyarakat terhadap supir truk, dengan tujuan memberikan  rasa aman kepada masyarakat pengguna jalan khususnya para sopir saat melintas di jalan umum Medan-Aceh. Tepatnya di wilayah hukum Polsek Hinai, Polsek Tanjung Pura dan Polsek Gebang,” paparnya.

Benar saja, saat pelaksanaan patroli sekitar pukul 23.30 WIB di Jln.TA.Hamzah Kelurahan Pekan Tanjung Pura, Tim Patroli Gabungan menjumpai seorang laki-laki sedang berdiri di pinggir jalan.

Laki-laki pengangguran tersebut beranama Rezeki Primananda Purba alias Kiki (28) warga belakang Masjid Azizi Kelurahann Pekan Tanjung Pura yang dijumpai sedang meminta uang kepada sopir truck BL 8537 FB bernama Faisal yang melintas dari arah Aceh menuju Medan. Dari tangan pelaku disita uang tunai Rp5000 yang diperoleh dengan cara pungli dari sopir angkutan barang.

Selanjutanya, terhadap pelaku Kiki dilakukan pembinaan  dan membuat surat pernyataan dengan menghadirkan keluarganya dan pelaku selanjutnya dikembalikan kepada keluarganya.

Reporter I Rudy Hartono

Related posts

Leave a Comment