Program UHC, Dhiyaul Hayati Sebut Tak Ada Lagi Warga Medan yang Tidak Bisa Berobat

Program UHC, Dhiyaul Hayati Sebut Tak Ada Lagi Warga Medan yang Tidak Bisa Berobat
Advertisement

topmetro.news – Sejak 1 Desember 2022 kemarin, masyarakat Kota Medan sudah dapat berobat gratis hanya dengan menggunakan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Hal itu lantaran Pemko Medan yang Bobby Nasution pimpin telah mewujudkan pelayanan kesehatan terbaik bagi masyarakat Kota Medan, yakni melalui program Universal Health Coverage (UHC).

“Dengan diberlakukannya program UHC mulai 1 Desember 2022, maka masyarakat dapat menggunakan fasilitas kesehatan hanya menggunakan KTP Medan untuk berobat ke rumah sakit. Tak ada lagi warga kota Medan yang tidak bisa berobat fasilitas kesehatan karena tidak mampu membayar,” ungkap anggota DPRD Kota Medan, Dhiyaul Hayati kepada wartawan, Jumat (2/12/2022).

Ia juga mengapresiasi masyarakat yang telah membayar pajak dan retribusi sehingga Pemko Medan mampu mewujudkan program UHC. Sebab, program ini telah di usulkannya sejak 2021 lalu. Karena banyaknya masyarakat yang mengeluhan sulit mendapat pelayanan kesehatan karena tak mampu membayar tunggakan BPJS Kesehatan.

“Dan akhirnya Kota Medan dapat mewujudkan UHC menyusul Nias Utara, Sibolga dan Pakpak Bharat. Sebagai anggota DPRD saya turut bahagia karena aspirasi masyarakat telah terwujud. Semua ini tak terlepas turut berperannya masyarakat yang sudah membayar pajak dan retribusi dengan baik. Terimakasih kepada rakyat Medan. Sekarang ini sudah 95 persen masyarakat yang terdaftar dalam JKN KIS,” imbuhnya.

Ia berharap, program ini akan berjalan sesuai harapan dan tak ada lagi keluhan tentang pelayanan kesehatan maupun mahalnya biaya rumah sakit. Selain itu Dhiyaul juga mengimbau agar seluruh rumah sakit di Kota medan memberikan layanan prima kepada masyarakat.

“Kita sangat mengharapkan program yang mengkover keseehatan seluruh masyarakat Kota Medan ini bisa berjalan sesuai harapan. Sehingga tak ada kendala lagi dari pihak rumah sakit. Hanya dengan menggunakan KTP, masyarakat Kota Medan dapat berobat gratis. Ini benar-benar program luar biasa dan patut diapresiasi, kesehatan masyarakat semakin terjamin,” tukasnya.

Reporter | Thamrin Samosir

Advertisement

Related posts

Leave a Comment