Peduli Cagar Budaya, Kapolres Langkat Letakan Batu Pertama Renovasi Makam Syech Ali Mansur

Cagar Budaya
Advertisement

topmetro.news – Kondisi Situs Cagar Budaya Makam Ulama terdahulu yakni Syeh Ali Mansyur yang berada di daerah Bukit Mariyam Dusun Sei Mati Bukit Tua Desa Buluh Telang Kecamatan Padang Tualang terlihat sungguh memprihatinkan.

Menurut warga masyarakat bernama Adi yang tinggal di sekitar mengatakan, sangat makam berharap kepada Pemerintah Kabupaten Langkat, khususnya Pemerintah Desa Buluh Telang beserta Pemerintah Kecamatan Padang Tualang bisa merawat, membersihkan dan memberikan bantuan untuk memugar makam.

Mendengar informasi terkait tidak terurusnya salah satu cagar budaya yang semestinya dijaga dan dilestarikan sebagai bagian dari sejarah Islam di Kabupaten Langkat, Kapolres Langkat Polda Sumut AKBP Danu Pamungkas Totok SH SIK turun langsung untuk meninjau cagar Budaya Makam Syech Ali Mansur di Dusun Sei Mati Bukit Tua Desa Buluh Telang Kecamatan Padang Tualang, Rabu (7/12/2022)

“Kalau bukan kita, siapa lagi. Jika kita ingin maju dan meningkatkan perekonomian masyarakat dari wisata sejarah adat budaya, kita wajib mengingat jasa leluhur, terlebih Ulama terdahulu. Saya melihat ini sangat sedih, makam ini tidak terawat tidak terurus yang seharus ini adalah salah satu peninggalan sejarah di Kabupaten Langkat,” ujar AKBP Danu.

Kapolres Langkat juga memberikan bantun kepada juru kunci makam untuk bisa membantu dalam memperbaiki keadaan makam

“Alhamdulillah saya diberi kesempatan untuk membantu dan meletakan batu pertama renovasi Makam Syech Ali Mansur,” lanjutnya.

Kapolres Langkat juga berharap bahwa semoga kedepan masyarakat yang peduli dengan sejarah dan ingin bekunjung ke Makam Syech Ali Mansur bisa lebih mudah dan lebih nyaman.

Sementara itu, salah seorang pemerhati Budaya Leluhur di Kabupaten Langkat bernama Lutfi mengucapkan terimakasih atas kepedulian Kapolres Langkat Polda Sumut terhadap cagar budaya yang ada di Kabupaten Langkat

“Terimakasih Pak Kapolres atas kehadiran dan atensinya. Semoga ini jadi ladang pahala bagi semua. Do’a kami untuk Pak Kapolres Langkat AKBP Danu Pamungkas Totok atas nama pribadi dan seluruh masyarakat Langkat, semoga beliau sehat selalu, panjang umur dan kairnya lebih cemerlang,” do’anya.

Reporter I Rudy Hartono

Advertisement

Related posts

Leave a Comment