Arief Trinugroho Minta Program Perumahan ASN Dimudahkan

Arief Trinugroho Minta Program Perumahan ASN Diberi Kemudahan
Advertisement

topmetro.news  – Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumatera Utara (Sumut) Arief S Trinugroho menyambut baik program perumahan untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) yakni Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Non PNS di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut. Diharapkan program ini dapat segera terlaksana, agar ASN Pemprov Sumut dapat segera memiliki rumah.

Hal ini ia sampaikan saat menerima audiensi Direksi PT Propernas Nusa Dua (PND), PTPN 2 dan Bank Sumut Syariah, di ruang kerja Sekda, Kantor Gubernur Sumut pada Kamis (8/12/2022).

“Pastinya kita menyambut baik program ini, dan sudah lama kita juga ingin merancang perumahan untuk ASN Sumut. Dan ini merupakan kolaborasi yang baik,” ucap Arief S  Trinugroho.

Hadir di antaranya, Direktur Utama PND Rizqi Aswaransyah, Direktur Keuangan PTPN 2 Daniel Tarigan, Pimpinan Bidang Pembiayaan Bank Sumut Syariah Ainal Fachri Harahap, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Sumut Alfi Syahriza.

Namun dalam program ini, Arief meminta adanya kemudahan bagi ASN dalam kepemilikan rumah itu nantinya. Baik dari administrasi, akad serta lainnya.

“Kalau yang ditawarkan juga sama seperti konvensional, saya rasa ini tidak ada bedanya dengan penawaran property yang lain,” katanya.

Arief menjelaskan, keseluruhan ASN di Pemprov Sumut sebanyak 25 ribu pegawai, tentunya masih banyak yang belum memiliki rumah. Bila program ini berjalan, akan sangat membantu ASN untuk memiliki rumah.

Mengenai akses transportasi dan sebagainya di lokasi perumahan ASN Pemprov Sumut nantinya dapat cari solusi kembali.

“Bisa saja nanti ada bus khusus ASN yang antar jemput dari perumahan itu ke kantor. Itu bisa kita cari jalan keluar,” katanya.

Arief pun meminta, program ini dapat lebih dimatangkan kembali dengan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Sumut. Agar program ini segera dapat berjalan dengan baik.

Direktur Utama PND Rizqi Aswaransyah mengatakan, pembangunan perumahan ASN ini rencananya di lahan milik PTPN 2 di daerah Bekala, di kawasan Jalan Meranti -1, Desa Simalingkar A, Kecamatan Pancurbatu, Kabupaten Deliserdang, di lahan seluas 241 ha, dengan dua tipe rumah yakni RS 40/96 dan RST 36/84 pada Cluster Elaeis.

“Untuk lahan sudah bekerja sama dengan PTPN 2, baik itu nantinya alas hak ataupun HGB. Kunjungan kita adalah untuk mencari program ini natinya dapat berjalan dengan baik, dari aspek adminitrasi dan lainnya,” katanya.

Pimpinan Bidang Pembiayaan Bank Sumut Syariah Ainal Fachri Harahap mengatakan, untuk program Bank Sumut Syariah sendiri belum menentukan program kemudahan dalam pembiayaan perumahaan ASN ini nantinya.

“Karena Pemprov Sumut merupakan pemegang saham dan ASN merupakan nasabah prioritas. Kami tentunya meminta petunjuk Bapak (Sekda-red) untuk program kemudahan itu nantinya,” katanya.

Ainal mengatakan, untuk program kemudahan terbaik saat ini berdasarkan KPR Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera). Yakni memberikan program uang muka hanya 1% dengan rate 5%.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Sumut Alfi Syahriza menyampaikan akan segera merampungkan program ini sesuai dengan perintah Sekda Sumut.

Penulis: Erris

Advertisement

Related posts

Leave a Comment