Sebanyak 552 Personel Siap Amankan Natal dan Tahun Baru

Sebanyak 552 Personel Siap Amankan Natal dan Tahun Baru

topmetro.news – Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin S.Sos M.Si mengikuti apel gelar pasukan Operasi Lilin Toba 2022 di Mapolres Asahan, Jumat (23/12/2022).

Turut hadir Dandim 0208 Asahan, Kajari Asahan, Danlanal TBA, Ketua PA Kisaran, Ketua PN Kisaran, OPD, Kakankemenag, tokoh agama, tokoh masyarakat, OKP dan petugas.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam pidato tertulisnya yang Kapolres Asahan AKBP Roman Smardhana Elhaj bacakan mengatakan momentum Nataru selalu di tunggu masyarakat setiap penghujung tahun dan berimplikasi terhadap peningkatan mobilitas masyarakat.

Karenanya, dengan dukungan TNI, Pemerintah Daerah, Mitra Kamtibmas serta Stakeholder terkait, hari ini digelar Operasi Kepolisian Terpusat dengan Sandi Operasi Lilin 2022 selama 11 hari (23 Desember 2022-2 Januari 2023) serta di lanjutkan dengan Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) mulai tanggal 3-9 Januari 2023.

Hal tersebut sebagai upaya mengatasi potensi gangguan yang perlu di waspadai, seperti kemacetan, kecelakaan lalu lintas, kepadatan bandara, terminal dan pelabuhan. Jadikan pengaturan rekayasa lalu lintas pada Idul Fitri 2022 sebagai acuan.

Pasokan Pangan

Selanjutnya yang tidak kalah penting adalah pengendalian ketahanan pangan dan BBM. Lakukan monitoring di lapangan bersama Satgas Pangan dan Stakeholder terkait. Guna memastikan ketersediaan pasokan pangan. Imbau para pelaku usaha agar tidak melakukan penimbunan atau menahan stok yang tentunya dapat menyebabkan kelangkaan dan kenaikan harga.

Apabila terdapat upaya spekulan, lakukanlah gakkum secara prosedural. Namun jangan sampai mengganggu distribusi dan ketersediaan pangan di lapangan. Begitu juga dengan BBM, lakukan koordinasi dengan Pertamina, Pemerintah Daerah dan stakeholder. Guna memastikan ketersedian stok BBM.

Khusus pengamanan ibadah Natal, agar setiap personel Polres memastikan setiap lokasi ibadah dilakukan sterilisasi dengan melibatkan TNI dan elemen masyarakat termasuk Ormas keagamaan sebagai wujud toleransi beragama agar pelaksanaan ibadah yang dijalani Umat Kristiani berjalan lancar dan kondusif.

“Saya yakin dengan sinergisitas dan soliditas yang baik maka masyarakat dapat melaksanakan ibadah Natal dengan khidmat. Serta merayakan Tahun Baru dengan penuh sukacita,” kata Kapolres.

“Polres Asahan menugaskan 400 personel ditambah 152 dari instansi yang ditempatkan di 8 pos. Yakni 3 pos pelayanan (Meranti, Air Batu, Aek Ledong), 4 pos pengamanan (Katarina, Simpang Empat, Pulau Raja, Bandar Pasir Mandoge). Dan 1 pos pelayanan terpadu di stasiun KAI Kisaran,” kata Kapolres.

Wakil Bupati mengatakan Pemkab Asahan mendukung Ops Lilin Toba 2022 yang Polres Asahan laksanakan. Kegiatan ini harapannya menjadi salah satu upaya kita bersama dalam memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat menyambut Nataru.

Penulis : EN

Related posts

Leave a Comment