Perbaikan Jalan Langkat Segera Rampung, Plt Bupati Apresiasi Perjuangan Baskami Ginting

Kabar baik bagi warga Kabupaten Langkat dan Sumatera Utara. Pasalnya, proses perbaikan struktur jalan provinsi serta drainase tahap pertama pada daerah tersebut telah rampung.

topmetro.news – Kabar baik bagi warga Kabupaten Langkat dan Sumatera Utara. Pasalnya, proses perbaikan struktur jalan provinsi serta drainase tahap pertama pada daerah tersebut telah rampung.

Hal ini disampaikan Plt Bupati Langkat Syah Afandin tatkala mendampingi rangkaian kunjungan Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting di Ruas Kuala- Simpang Marike.

Syah Afandin kepada awak media menyampaikan apresiasinya, terkait kiat Pemprovsu melakukan perbaikan jalan di daerahnya yang ditopang anggaran multiyears itu.

“Saya menyampaikan terimakasih kepada Bapak Gubernur Sumut dan Bapak Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting yang telah berupaya melakukan perbaikan jalan provinsi di Kabupaten Langkat,” ujarnya, Selasa (27/12/2022).

Syah Afandin mengatakan, ruas-ruas yang diperbaiki saat ini merupakan jalan penghubung menuju destinasi wisata Bukit Lawang.

“Bukit Lawang merupakan destinasi wisata nasional. Dengan kondisi jalan yang bagus maka akan meningkatkan jumlah wisatawan yang datang,” tambahnya.

Menurut Syah Afandin, proyek jalan dan drainase di Langkat yang menghabiskan dana sebesar Rp 276 milyar harus dijaga seluruh pihak. “Jalan ini harus dirawat, dalam arti mobil-mobil yang lewat jangan melebihi tonase yang sudah ditentukan,” jelasnya.

Syah Afandin menilai, perlunya sebuah peraturan daerah yang mengatur terkait kendaraan yang tergolong over dimension and over load (ODOL).

“Kami berharap Pak Baskami yang selama ini sudah berjuang, untuk menghadirkan Perda yang mengatur pembatasan kendaraan dengan tonase berlebih,” jelasnya.

Menanggapi hal tersebut, Baskami menyampaikan persetujuannya atas usulan Plt Bupati Langkat. Menurut Baskami, anggaran Pemprovsu telah maksimal untuk perbaikan jalan sehingga harus dijaga dari segala sisi.

“Anggaran kita sudah maksimal untuk jalan dan jembatan ini, tapi masih banyak pihak yang tidak bertanggung jawab melakukan sesukanya,” jelasnya.

Perda yang akan diterbitkan, kata Baskami nantinya mengatur pembatasan kendaraan yang tergolong ODOL atau kelebihan tonase. Baskami juga berterimakasih kepada pihak kontraktor, atas upayanya memenuhi target yang telah ditetapkan.

“Kami menyampaikan terinakasih, kontraktor telah berupaya maksimal. Di musim penghujan ini, kami tahu sangat tidak mudah melakukan perbaikan jalan, akan tetapi saya yakin kita bisa selesaikan semua sesuai target,” jelasnya.

Pantauan lapangan, Baskami didampingi pihak SMJ, Arman Panjaitan, Rekes Tarigan. Juga UPT Jalan jembatan, Dinas Binamarga dan Bina Konstruksi.

Segera Rampung

Perwakilan kontraktor, Rekes Tarigan menyampaikan proyek infrastruktur jalan dan drainase di Langkat, hampir selesai sesuai target. “Misalnya ruas Binjai-Kuala, malam ini selesai pak. Begitu juga Durian Mulo-Namo Ukur juga telah rampung,” jelasnya.

Rekes mengatakan, pihaknya terus bekerja sesuai target yang telah ditetapkan. “Juga ruas Tanjung Selamat – Namo Unggas, sebentar lagi selesai,” imbuhnya.

Menurut Rekes, setelah ini pihaknya akan mengerjakan bahu jalan sesuai spesifikasi yang ditentukan. “Soal bahu jalan kita akan beton di kanan dan kiri. Akan segera kita kerjakan,” pungkasnya.

penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment