Diduga Pungli Biaya Vaksin PMK, Oknum Kabid Peternakan Pemkab Diperiksa Tim Kejatisu?

Kejatisu

topmetro.news – JG, oknum Kabid Peternakan pada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan dan Peternakan (Distapangnak) Pemkab Langkat dikabarkan diperiksa Tim Kejaksaan Tinggi Sumut (Kejatisu), Selasa (27/12/2022).

Informasi yang dilansir dari warga pemilik ternak yang minta nama dan inisialnya tidak disebutkan dalam pemberitaan kepada Topmetro mengatakan bahwa pemeriksaan oknum Kabid Peternakan yang kini sudah menjadi Staf Peternakan berinisial JG tersebut diduga terkait dengan pungli vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

“Karena sudah banyak kelompok peternakan dan warga pemilik sapi (lembu) atau kambing yang mengeluh karena seharusnya vaksin PMK itu gratis, namun ternyata dipungut bayaran,” ujar warga.

Sementara informasi yang diperoleh dari sumber rekanan Distapangnak Langkat membenarkan adanya penindakan dari pihak Kejatisu kepada oknum JG terkait pungli vaksin PMK.

“Tapi tolonglah jangan sebut nama ya Bang,” ujar sumber Topmetro lagi melalui telp WhatsApp, Rabu (28/12/2022) siang.

Sumber juga menyebutkan jika, Selasa (27/12/2022) sore ada beberapa petugas dari Kejatisu menyambangi Kantor Distapangnak Pemkab Langkat diduga terkait dengan peristiwa pungli tersebut.

Menurut sumber, berkat adanya laporan warga kelompok ternak ke Kejatisu, kemudian Tim turun ke Langkat menemui pelapor dan memanggil JG beserta tim Distapangnak yang menangani vaksin ternak di salah satu lokasi.

“Nah, saat itulah JG dan rekan-rekannya mengakui terkait dugaan pungli vaksin PMK itu. Tapi kok kasusnya gak berlanjut,” heran sumber.

Terpisah Kasi Penkum Kejati Sumut Yos A Tarigan SH MH saat dikonfirmasi Topmetro terkait kebenaran informasi adanya upaya Tim Kejatisu melakukan pemeriksaan peternak terkait salah seorang Kabid di Distanak Langkat diduga melakukan pungli Vaksin PMK mengatakan belum terinformasi.

“Kita cek tidak ada. Sejauh ini tidak ada terinformasi hal tersebut Bang,” ujar Yos melalui WhatsApp, Rabu (28/12/2022).

Sementara itu, Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan dan Peternakan (Distapangnak) Pemkab Langkat Hendrik Tarigan saat dikonfirmasi terkait kebenaran adanya tindakan Tim Kejatisu terhadap dugaan pungli vaksin PMK terhadap JG Dkk, membantahnya.

“Ngak ada itu bg,, hoaks, semalam aja Kabidnya ngak masuk dari pagi,” ujar Hendrik melalui chat WhatsApp, Rabu (28/12/2022).

Reporter I Rudy Hartono

Related posts

Leave a Comment