8 Rekomendasi Sayuran untuk Mpasi Baby Tercinta

8 Rekomendasi Sayuran untuk Mpasi Baby Tercinta

topmetro.news – Sayuran Untuk MPASI, Sebagai Mom, kita harus benar-benar protektif dalam memberikan asupan ke anak. Terutama jika ia masih berusia 6 bulan dan harus mengatur jadwal MPASI Perdana nya. Usia ini, merupakan titik awal anak mengenal makanan. Sehingga, kita butuh effort yang lebih untuk mengenali jenis makanan yang cocok untuk anak. Laman ini akan mengajak Mom untuk berkenalan sekaligus menelusuri Sayuran untuk mpasi.

Rekomendasi Sayuran untuk Mpasi

Sayuran yang mengandung nutrisi memang sangat banyak. Namun, karena yang mengkonsumsi adalah si bayi, yang notabene metabolisme tubuhnya masih lemah. Maka, kita butuh melakukan pemilahan sayuran apa saja yang benar-benar baik dan aman untuk dikonsumsi bayi.

1. Bayam

Bayam memiliki kandungan serat yang tinggi. Hal ini, sangat baik untuk membantu pencernaan si bayi. Selain itu, Bayam juga mengandung vitamin C, vitamin A, zat besi, Zink,  protein, dan nutrisi-nutrisi lain yang sangat baik untuk membantu tumbuh kembang bayi.

2. Labu Kuning

Labu Kuning mempunyai kandungan nutrisi yang hampir sama dengan Bayam. Ia memiliki serat yang tinggi. Sehingga, bayi akan terhindar dari sembelit. Selain serat yang tinggi, Labu Siam juga mengandung kalium, Vitamin C, Kalsium, Vitamin A, yang sangat baik untuk membantu bayi dalam menjaga daya tahan tubuh.

3. Wortel

Ketika mendengar nama sayuran ini, otak kita langsung tertuju pada Vitamin A. Selama ini Wortel famous dengan kasiatnya yang bisa menjaga kesehatan mata. Padahal sebenarnya, selain Vitamin A, banyak kandungan nutrisi yang tak kalah keren di dalam tubuhnya. Seperti; protein, Zinc, Magnesium, Kalium, serat, beta karotin, dan lain sebagainya.

4. Labu Siam

Sayuran yang memiliki bentuk tubuh unik ini juga tidak kalah hebat dengan sayuran-sayuran lainnya. Kandungan nutrisi di dalam tubuhnya cukup komplit. Tak heran, jika ia sering digunakan sebagai rekomendasi sayuran untuk mpasi. Kandungan Nutrisinya seperti; vitamin B6, vitamin E, vitamin A, vitamin C, fosfor, zinc, asam folat, magnesium, protein dan kalsium.

5. Brokoli

Mom, tentu sering banget mendengar atau melihat tentang penjelasan manfaat Brokoli untuk bayi. Bahkan, Brokoli dinobatkan sebagai superfood. Tentu saja, hal ini bukan tanpa alasan. Selain punya antioksidan yang tinggi, ia juga memiliki kandungan nutrisi lain yang sangat baik untuk menjaga kesehatan dan tumbuh kembang si bayi. Seperti; vitamin B, vitamin K, serat, kalium, protein, zinc, dan lain sebagainya.

6. Buncis

Sayuran yang memiliki warna hijau segar ini, selain diklaim bisa menjaga kesehatan pencernaan si bayi, ia juga masuk kedalam kategori sayuran yang baik untuk meningkatkan fungsi tulang. Kandungan nutisi Buncis, diantaranya; Asam folat, zinc, vitamin A, vitamin K, sodium, vitamin c, zat besi, dan lain sebagainya.

7. Kacang Polong

Kacang polong juga sering dijadikan alternatif makanan pendamping mpasi. Ia mempunyai kandungan protein yang cukup tinggi. Yaitu 4 gram per porsi. Selain protein, kandungan seratnya juga tinggi. Sehingga sangat bagus untuk pencernaan si bayi. Selain dua nutrisi tersebut, masih ada kandungan nutrisi lainnya di dalam tubuh Kacang Polong. Diantaranya; Zat besi, vitamin K, vitamin C, Vitamin A, Seng, dan Omega 3.

8. Sawi Hijau

Sayuran Sawi hijau disarankan untuk diberikan jika usia bayi sudah menginjak 1 tahun ya Mom. Hal ini, dikarenakan Sawi Hijau mempunyai kandungan serat kasar. Yang dapat menyebabkan sembelit. Selain daripada kekurangan itu, terdapat nutris lainnya yang sangat baik untuk mendukung pertumbuhan anak. Seperti; vitamin C, vitamin K, dan vitamin A.

Mom, itulah 8 referensi sayuran untuk Mpasi yang bisa Mom gunakan untuk konsumsi si Bayi tercinta.

Penulis | Daim

Related posts

Leave a Comment