Ribuan Masyarakat Hadiri Syukuran Tahun Baru Pemkab Taput, Dukung Nikson Nababan Jadi Anggota DPR RI

Syukuran Tahun Baru di rumah dinas Bupati Tapanuli Utara, Jumat (6/1/2023), dihadiri ribuan masyarakat, dan para tokoh adat/agama.

topmetro.news – Syukuran Tahun Baru di rumah dinas Bupati Tapanuli Utara, Jumat (6/1/2023), dihadiri ribuan masyarakat, dan para tokoh adat/agama. Mereka juga menyampaikan tekad mendukung Nikson Nababan menjadi anggota DPR RI.

Hadir juga Ketua TP PKK Satika Simamora SE MM, Wakil Bupati Sarlandi Hutabarat SH bersama istri, Forkominda dan Kapolda Sumut Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak, Ibu Oppu Halasan.

Secara bergantian masyarakat menyampaikan sambutan dan dukungannya. Dukungan itu sangat beralasan, karena Nikson Nababan mereka anggap telah berhasil membangun Tapanuli Utara dengan memerdekakan desa. Pembangunan infrastruktur jalan yang terkoneksi antar desa dan antar kecamatan. Demikian juga tingkat pertumbuhan ekonomi tetap naik walaupun masa Pandemi Covid-19.

40 Penghargaan

Sekdakab Indra Simaremare yang menyampaikan sambutan awal acara menyampaikan, dalam kurun waktu sembilan tahun kepemimpinan Nikson Nababan, Kabupaten Tapanuli Utara telah merima 40 penghargaan dari berbagai kategori. Baik dari kelompok pemerhati pembangunan, terutama dari pemerintah setingkat kementerian.

Ia mengakui, prestasi itu berkat kerja sama bupati dengan masyarakat. “Prestasi itu tak mungkin kita peroleh tanpa dukungan dan kerjasama masyarakat dengan bupati. Seperti yang disampaikan Pak Bupati, tidak ada superman di Tapanuli Utara. Tetapi yang ada supertim,” sebut Indra.

Ia pun menjelaskan, bagaimana Bupati Nikson Nababan memimpin OPD dalam merencanakan pembangunan dengan memanfaatkan waktu yang cukup ketat.

Sekda juga menerangkan, pada masa Pandemi Covid-19, tingkat pertumbuhan ekonomi Tapanuli Utara tetap naik 1,5%. Sementara kabupaten/kota lainnya di Sumatera Utara menurun.

Ia menambahkan, ada dua hal yang membuat prestasi juga berhasil. Yakni kepemimpinan yang tulus, hati dan nilai seni milik Bupati Nikson Nababan, sehingga bisa bertransformasi.

“Selamat Tahun Baru. Mari kita terus berkarya dan membangun berkelanjutan,” sebutnya.

Penyampaian Dukungan

Sejumlah elemen masyarakat yang hadir dan menyampaikan dukungan antara lain, Maslan Sinaga dari Lembaga Adat Dalihan Natolu (LADN), Forum Kerukunan Umat Beragama, Hutagalung pengusaha kuliner warga Kelurahan Hutatoruan X, Jupri Sitompul mewakili Kepala Desa se-Taput, dan Forum BPD se-Taput. Lalu, Alfonso Situmorang dkk mewakili insan pers, pelaku UMKM, Kelompok Lansia, dll.

“Sebagai kepala desa kami sudah merasakan hubungan silaturahmi yang luar biasa dengan Nikson Nababan dalam melaksanakan pembangunan desa di Tapanuli Utara. Kami kepala desa dan BPD akan mendukung Bapak Niikson Nababan menjadi anggota DPR RI agar bisa tetap berkontribusi untuk membangun Tapanuli Utara yang kita cintai ini. Setuju?” ujar Jupri dan mendapat sambutan hangat dari ribuan warga yang hadir.

Apresiasi Pembangunan

Panca Putra menyampaikan apresiasi dan rasa bangga atas kemajuan pembangunan di Tapanuli Utara dalam kepemimpinan Nikson Nababan. “Saya bangga atas capaian pembangunan di Tapanuli Utara. Saya ingin menyampaikan, saya hadir dan siap untuk ikut memajukan kampung halaman Tapanuli Utara kita ini. Demikian juga Toba yang akan menyelenggarakan even kejuaraan dunia perahu motor (power boat) Formula 1 (F1) atau F1 H20 di Danau Toba,” papar Kapolda dan mengingatkan, Tapanuli Utara akan ikut merasakan manfaat even tersebut.

Kapolda juga menyampaikan Selamat Tahun Baru 2023 kepada masyarakat Tapanuli Utara.

Tetap Bersatu

Mantan Bupati Taput dua periode (2004-2014) Torang Lumbantobing (Toluto), mengajak masyarakat untuk tetap bersatu untuk mendukung pembangunan oleh Bupati Nikson Nababan. Ia juga menggarisbawahi, bahwa sebaik apa pun pembangunan di Tapanuli Utara, ada saja yang merasa tidak senang.

“Tidak ada yang sempurna. Maklum ma Amang di si. Au pe nunga hualami i,” sebutnya dan menyampaikan terima kasih karena diundang pada acara itu.

Toluto juga mengapresiasi pembangunan taman kota di Jalan Sisingamangaraja Tarutung. “Saya tidak pernah berpikir untuk membangun taman seperti yang dilakukan Pak Bupati Nikson Nababan ini. Rap ma hita mambangun bonapasogitta on,” sebut Toluto.

Kemudian Toluto dan mengajak Nikson Nababan duet menyanyikan Lagu ‘Partondion’.

Berkelanjutan

Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan MSi dalam sambutannya menyampaikan, syukuran ini merupakan yang terakhir dalam masa jabatannya. Dalam masa tugasnya kurang lebih sembilan tahun, banyak yang sudah ia lakukan terutama membangun desa.

“Infrastruktur transportasi ke pedesaan sudah terbangun. Kita berharap komitmen membangun infrastruktur jalan dengan aspal hotmix dapat kita pertahankan. Jangan lagi kembali ke lapen,” ujar Bupati.

Ia menjelaskan, pembangunan kota juga ditingkatkan. Serta penyediaan air minum untuk tiga kecamatan (Tarutung, Sipohoholon, dan Siatas Barita), Bulan Juli 2023 sudah mulai rampung.

Nikson Nababan sepintas menginformasikan rencananya tahun 2024 akan ikut Pemilu Legislatif di DPR RI agar bisa berkontribusi untuk membangun Tapanuli Utara. Ia berharap masyarakat Tapanuli Utara berkenan mendukung dan memilihnya.

Bupati Toba

Bupati Toba Poltak Sitorus menyampaikan selamat Tahun Baru kepada masyarakat Tapanuli Utara. “Selamat Tahun Baru 2023. Kita berharap menjadi menjadi tahun berkat. Bupati yang sukses adalah yang dapat mensejahterakan rakyatnya. Itulah Pak Nikson Nababan yang memiliki sifat kepedulian. Bukan hanya di Taput, Nikson disukai juga di Toba karena inovasinya. Saya berdoa agar universitas negeri umum dapat terwujud untuk meningkatkan kualitas manusia dan pensejateraan masyarakat. Setiap tahun miliaran rupiah uang Tapanuli keluar. Kalau universitas negeri ada di Tapanuli Raya, secara perlahan dana itu akan berputar di Tapanuli,” sebut Poltak Sitorus.

“Mari kita sambut tahun 2023 dengan optimisme. Kita amini tahun 2023 bukan tahun resesi tetapi tahun resepsi. Tuhan memberkati Tapanuli Raya dan Tapanuli Utara,” sebutnya dan tidak lupa mensosialisasikan even Kejuaraan Dunia Perahu Motor (Power Boat) Formula 1 (F1) atau F1 H20,” ujarnya.

Kebaktian

Syukuran tersebut diawali dengan kebaktian dipimpin Pdt Donald Pieter Sinaga MA MAg (Bishop GEPKIN). Khotbah diangkat dari Nats Alkitab Galatia 6:9-10. “Janganlah kita jemu jemu berbuat baik. Karena apabila sudah datang waktunya, kita akan menuai, jika kita tidak menjadi lemah. Karena itu, selama masih ada kesempatan bagi kita, marilah kita berbuat baik kepada semua orang, tetapi terutama kepada teman teman kita seiman.”

Usai sambutan-sambutan lanjut dengan hiburan dan pemberian bingkisan kepada ribuan warga yang hadir.

reporter | Jansen Simanjuntak

Related posts

Leave a Comment