Definisi dan Cara Mencegah Terjadinya Kanker Serviks

Definisi dan Cara Mencegah Terjadinya Kanker Serviks

topmetro.news – Cara Mencegah Kanker serviks, Kanker serviks adalah salah satu jenis kanker yang paling umum ditemukan pada wanita. Kanker serviks terjadi ketika sel-sel di leher rahim tumbuh secara tidak normal dan membentuk tumor,  tumor tersebut menjadi titik awal sebagai munculnya kanker serviks maka dari itu perlu untuk melakukan pencegahan dengan mengangkat sel  tumor tersebut agar tidak berkembang menjadi kanker yang lebih serius.

Ada beberapa hal yang dapat kamu terapkan untuk mencegah kanker serviks yaitu:

Pertama-tama kamu harus terus-menerus mendapatkan pap smear untuk mendiagnosa tahap awal dari kanker serviks. Pap smear adalah tes sederhana yang digunakan untuk mengidentifikasi sel-sel yang tidak normal yang ada di area leher rahim jika sel-sel kanker terdeteksi dokter akan meresepkan pengobatan yang tepat untuk menghindari pertumbuhan kanker lebih lanjut..

Kedua kamu harus terus-menerus memeriksa kondisi kesehatan kamu dengan dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan secara rutin untuk mendeteksi tanda-tanda awal kanker serviks jika dokter menemukan tanda awal. Atau gejala kanker serviks dokter dapat merekomendasikan tindakan lebih lanjut untuk memastikan bahwa kamu tidak terkena kanker serviks.

Lebih Lanjut

Selain penanganan medis kamu juga dapat mengurangi risiko terkena kanker serviks. Dengan berolahraga secara teratur dan menjaga berat badan yang sehat. Menjaga berat badan yang sehat dapat membantu mencegah terjadinya kanker serviks selain itu berolahraga secara teratur dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, yang dapat membantu mencegah infeksi yang berhubungan dengan kanker serviks.

Kamu juga harus menghindari aktivitas seksual yang berisiko tinggi karena aktifitas seksual yang berisiko tinggi dapat meningkatkan risiko terkena infeksi HPV ( virus yang dapat menyebabkan kanker serviks ) oleh karena itu kamu harus menggunakan pelindung saat berhubungan seksual untuk mengurangi risiko terkena virus HPV.

Mencegah kanker serviks adalah cara terbaik untuk menghindari penyakit ini. Dengan menggunakan tindakan pencegahan yang disebutkan di atas kamu dapat mengurangi risiko terkena kanker serviks. Dan jangan lupa untuk selalu mendapatkan skrining kanker serviks secara rutin untuk mengurangi risiko terkena kanker.

Penulis | Uca

Related posts

Leave a Comment