Awasi Anak, Jangan Jajan Sembarangan, Zat Ini Merusak Lambung

Jangan jajan sembarangan

TOPMETRO.NEWS – Jangan jajan sembarangan. Jajanan mengandung nitrogen cair ciki ngebul diketahui sangat berbahaya bagi anak-anak. Pasalnya, ciki ngebul dapat merusak lambung akibat tekanan udara yang terbentuk gas nitrogen (barotrauma). Kini mengintai buah hati Anda!

Guna mengantisipasi timbulnya korban pada anak pelajar, Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP mengimbau agar orang tua mengawasi jajanan buah hati mereka.

“Walaupun tidak ada kejadian di lingkungan sekolah tapi kami mengimbau agar guru melakukan pengawasan. Orang tua juga agar mengawasi anak mereka agar tidak jajan sembarangan,” kata Muktia Wahyudi Isra, Kepala MKKS SMP Kota Bekasi, Jumat (13/1/2023).

Menurutnya, ketika anak-anak berada di lingkungan sekolah maka guru harus mengawasinya.

Makanan dan minuman yang dijual di kantin sekolah juga bisa disortir agar tidak ada jajanan yang berbahaya.

“Kalau di sekolah kan kantin terawasi. Makanan juga, bahkan kita anjurkan agar tidak memakai bahan pengawet. Apalagi jika mengandung bahan berbahaya yang lain, pasti tidak boleh,” ujarnya.

Muktia berpesan agar pengawasan jajanan anak-anak juga dilakukan orang tua di rumah. Sehingga dapat dipastikan buah hati mereka mengkonsumsi jajanan yang sehat dan bergizi.

“Di luar sekolah kan di luar pengawasan kita, jadi orang tua lah yang sangat berperan dalam pengawasan anak-anak agar tidak jajan sembarangan,” pungkas Kepala SMPN 1 Kota Bekasi ini.

BACA PULA | Sebulan, Uang Jajan Anak Artis Iis Dahlia Dipatok Rp 10 Juta

Seperti diberitakan Topmetro.News sebelumnya, uang jajan anak artis Iis Dahlia dijatah Rp 10 juta per bulan. Tak pelak lagi, gegara uang jajan anak artis ini, Iis Dahlia yang dikenal dengan ‘wanita berkumis’ itu mengaku pusing saat melihat anak laki-lakinya, Devano, terlalu boros dengan uang jajannya.

asl1 / foto ilustrasi

Related posts

Leave a Comment