Tips Membuka Rekening Online untuk Mengumpulkan Modal Nikah

topmetro.news – Rekening Online sebagai tabungan untuk modal menikah adalah salah satu cara paling tepat dalam mengelola keuangan. Pasalnya, menikah membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Ada banyak biaya yang akan Anda keluarkan, seperti untuk sewa gedung, gaun pengantin, fotografer, dan lainnya.

Di era digital sekarang, syarat buka rekening online semakin praktis. Anda bisa membuka rekening secara online dari mana saja dan kapan saja tanpa perlu datang ke bank. Tabungan digital dapat membantu Anda mengelola keuangan untuk  menyiapkan modal nikah.

Karena menikah membutuhkan cukup banyak pengeluaran, sebaiknya Anda mempersiapkan sedini mungkin. Oleh karena itu Anda perlu tahu tips menabung dan rincian budget acara pernikahan.

Tips Menabung untuk Modal Nikah

Tentunya ketika sudah berniat menikah, Anda tidak hanya mempersiapkan mental dan komitmen saja, tetapi juga secara finansial. 

Agar pengelolaan keuangan tidak berantakan, berikut tips yang bisa Anda lakukan bersama pasangan untuk menyiapkan modal nikah.

1. Buat Rincian Anggaran Menikah

Cara menabung untuk biaya nikah pertama bisa dimulai dengan merancang secara detail rencana kebutuhan menikah. Dalam hal ini, Anda bisa membandingkan harga gaun pengantin, jasa catering, make up, undangan, souvenir dan produk lainnya. 

2. Membuka Usaha Bersama Calon Pasangan

Menambah tabungan dengan memulai usaha sampingan dengan mitra yang sama adalah cara paling efektif untuk memaksimalkan pemasukan finansial. Ini jumlah yang sangat besar untuk dipertimbangkan. Untuk referensi bisnis sampingan, Anda bisa mencoba memulai bisnis pakaian, blog, memasak, atau mengajar.

3. Membuat Rekening Khusus

Agar selama proses menabung untuk modal menikah aman dan tidak berisiko terpotong atau berkurang untuk membeli kebutuhan lain. Anda bisa membuat rekening tabungan online khusus untuk menikah yang sekarang banyak menawarkan bebas biaya admin bulanan sehingga Anda bisa konsisten menabung.

4. Menentukan Konsep Pernikahan

Dalam membuat rincian biaya nikah nantinya, Anda bisa menentukan terlebih dahulu atau menyesuaikan konsep pernikahan. Seperti tema pernikahan, lokasi outdoor atau indoor, dan lainnya.

5. Membuat Target Dana

Setelah memiliki rekening tabungan khusus, hal selanjutnya yang bisa Anda lakukan dengan menabung secara konsisten sesuai dengan yang ditargetkan. Selain itu, Anda bisa mengurangi pengeluaran yang tidak terlalu penting.

6. Dengan Melakukan Investasi

Tidak hanya belajar hidup hemat, cara menghasilkan keuntungan adalah dengan melakukan investasi yang bisa Anda lakukan secara digital, mulai dari produk investasi emas, reksadana, obligasi, surat berharga, atau saham.

Rincian Budget untuk Acara Menikah

Rincian Budget untuk Acara Menikah

Pernikahan memang dinilai momen yang sakral oleh sebagian banyak orang. Namun, tidak semua calon pasangan yang mampu secara finansial bisa menyelenggarakan pesta pernikahan dengan biaya yang cukup fantastis.

Setelah menentukan model pernikahan beserta rincian anggaran yang perlu dicapai, ada baiknya Anda mempersiapkan beberapa hal penting saja. Dengan kata lain, mewujudkan pernikahan dengan budget sederhana. Berikut keperluan biaya nikah yang perlu Anda persiapkan.

1. Mas Kawin atau Biaya Mahar

Budget nikah ini menjadi aspek wajib dalam sebuah pernikahan. Mahar adalah harta yang diberikan oleh pihak mempelai laki-laki kepada mempelai perempuan. Umumnya, berupa seperangkat alat ibadah, sejumlah uang tunai hingga emas atau perhiasan.

2. Biaya KUA

Jika Anda melangsungkan akad nikah di kantor urusan agama (KUA) pada jam kerja maka akan gratis. Tetapi, menikah di KUA akan dikenai biaya apabila calon pengantin menikah di luar jam kerja KUA.

3. Budget Hantaran

Hantaran atau seserahan menjadi salah satu tradisi turun temurun saat proses acara lamaran atau saat pernikahan berlangsung, setiap daerah memiliki tradisi yang berbeda-beda dan tidak wajib. Umumnya, isi hantaran berupa perlengkapan wanita (pakaian/kebaya, sepatu, tas, peralatan make up, jam tangan, dll), atau berupa makanan dan buah-buahan.

3. Biaya Sewa Catering dan Dekorasi

Budget nikah satu ini pastinya harus ada dalam list perencanaan biaya nikah Anda. Menyajikan prasmanan dan dekorasi tempat yang mewah membutuhkan biaya yang tidak sedikit tentunya, karena itu Anda bisa menyesuaikan jenis makanan dan dekorasi yang sekiranya tidak memberatkan pengeluaran.

4. Menyewa Gedung 

Menentukan lokasi pernikahan juga akan mempengaruhi budget yang telah Anda rencanakan. Jika halaman rumah Anda memungkinkan untuk mendirikan tenda nikahan itu sangat membantu mengurangi pengeluaran. Jika tidak, pastinya harus mempersiapkan jauh-jauh hari menyewa tempat.

5. Sewa Rias dan Baju Pengantin

Budget nikah selanjutnya adalah mempersiapkan rias dan baju pengantin. Usahakan mulai mencari informasi jasa tata rias dan sewa baju pengantin yang cocok dan sesuai dengan budget nikah Anda.

6. Biaya Dokumentasi

Hal yang wajib ada adalah dokumentasi pernikahan meliputi foto dan video. Umumnya, beberapa vendor dokumentasi menyediakan pilihan paket. Anda bisa mencari vendor yang menyediakan paket komplit mulai dari prewedding hingga acara pernikahan, banyak referensi yang bisa menjadi perbandingan.

Syarat Membuka Rekening Online PermataBank

Jika Anda mencari rekening online yang dapat memudahkan Anda menyiapkan modal nikah, PermataME bisa menjadi pilihan yang tepat. Tabungan online dari PermataBank ini dapat membantu Anda mengelola keuangan dan merencanakan keuangan bersama pasangan. Anda bisa mendaftar rekening ini secara mudah lewat mobile banking PermataMobile X yang bisa diunduh di Play Store dan App Store. 

Lalu, apa keuntungan menyimpan uang di PermataME? PermataME menawarkan beberapa kelebihan, di antaranya bebas biaya admin tanpa syarat apapun, mendapat bonus saldo di awal, bebas biaya tarik tunai tanpa batas di ATM dan Indomaret, banyak cashback dan diskon merchant, gratis transfer ke bank lain tanpa batas dan syarat.

Bagaimana cara memiliki tabungan ini? Informasi lebih lengkap mengenai cara membuka tabungan PermataME dan persyaratannya bisa Anda baca di laman berikut https://www.permatabank.com/id/tabungan-retail/permatame

Related posts

Leave a Comment