Dukung UMKM Naik Kelas, Gedung Dekranasda Batubara Diresmikan

Pemkab Batubara membangun gedung Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) sebagai pusat promosi produk UMKM

topmetro.news – Guna mendukung sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Batubara agar mampu bersaing di pasar nasional dan mancanegara, Pemkab Batubara membangun gedung Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) sebagai pusat promosi produk UMKM.

Gedung Dekranasda Batubara yang berdiri megah di Jalan Lintas Sumatera Kelurahan Indrasakti, Kecamatan Air Putih, diresmikan langsung oleh Ketua Dekranasda Provinsi Sumatera Utara Nawal Lubis bersama Bupati Batubara Ir H Zahir MAP dan Ketua Dekranasda Batubara Maya Indriasari Zahir, Kamis (19/1/2023).

Pada kegiatan itu, turut ditampilkan cuplikan video singkat terkait program dan pembinaan yang dilakukan Dekranasda Batubara kepada para pelaku UMKM. Juga menampilkan hasil karya designer lokal yang membawa wastra Batubara tampil di ajang bergengsi, seperti fashion show tingkat nasional bahkan internasional.

Oada kegiatan juga ada acara pemberian santunan kepada para anak yatim.

Dalam sambutannya, Bupati Zahir mengaku sangat bangga Gedung Dekranasda Batubara dapat berdiri. Hal ini tentu untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di Batubara, melalui UMKM. Dan juga sebagai sarana penunjang UMKM naik kelas.

“Saya bangga dan bersyukur dengan keterbatasan anggaran Gedung Dekranasda dapat berdiri di Kabupaten Batubara,” ucap Bupati Zahir.

Gedung Dekranasda Batubara berdiri sebagai wadah promosi untuk memasarkan hasil olahan UMKM Batubara. Sehingga dapat mengangkat produk unggulan dan ciri khas Kabupaten Batubara.

“Produk unggulan khas Batubara itu ada songket, batik, tenun, kemasan sereh kepah khas Melayu. Juga rendang kepah, sambal teri medan yang sudah terkemas dalam kalengan,” terang Zahir.

Bupati Zahir juga menyebutkan ketersedian fasilitas mesin ATM untuk memudahkan pengunjung saat membeli produk di Dekranasda Batubara. Namun Bupati Zahir menyayangkan meskipun sudah ada galeri ATM, masih saja pihak perbankan seperti BRI dan BNI belum memenuhi permintaan Pemkab Batubara untuk memasang mesin ATM di Gedung Dekranasda.

“Kita sudah sediakan fasilitas perbankan untuk memudahkan pengunjung saat membeli produk di Dekranasda. Namun mesin ATM dari BRI dan BNI sampai sekarang belum dipenuhi pihak bank. Hanya Bank Sumut yang saat ini baru membantu menyediakan mesin ATM,” tegas Bupati Zahir.

Mancanegara

Sementara itu, dalam sambutannya Ketua Dekranasda Provsu Nawal Lubis memberikan ucapan selamat atas hadirnya Gedung Dekranasda di Kabupaten Batubara. Ia berharap melalui Dekranada wastra Batubara terkenal hingga mancanegara.

“Saya mengucapkan selamat dan bahagia Kabupaten Batubara bisa memunculkan berbagai sumber dayanya. Sehingga wastra di Sumut khususnya wastra Batubara dapat terkenal lagi di Indonesia dan mancanegara,” sebut Nawal Lubis.

Kemudian peresmian Gedung Dekranasda ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Ketua Dekranasda Provsu Nawal Lubis dan dilanjutkan pengguntingan pita.

Selanjutnya Bupati Zahir bersama Ketua Dekranasda Batubara Maya Zahir mengajak para tamu memasuki Gedung Dekranasda untuk melihat peragaan busana hasil karya desainer lokal dengan menggunakan wastra Batubara. Kemudian berkeliling melihat galeri Dekranasda, seperti kriya, wastra dan olahan makanan khas Batubara.

Selain itu para tamu juga berkeliling melihat workshop UMKM, rumah kemasan dan rumah batik yang berada di sekitaran Gedung Dekranasda.

Turut hadir Pj Sekda Batubara Norma Deli Siregar, para Asisten Setdakab Batubara dan para kepala OPD beserta camat. Juga ada Ketua Dekranasda Serdang Bedagai Rosmaida Saragih, Ketua Dekranasda Kota Medan Kahiyang Ayu, unsur Forkopimda, para pelaku UMKM, dan tamu undangan lainnya.

reporter | Bimais Pasaribu

Related posts

Leave a Comment