Ratusan Orang Meriahkan ‘Bona Taon’ HBB dan HUT ke-2 DPC Deli Serdang

'Tampakna do tajomna, rim ni tahi do gogona', adalah slogan Horas Bangso Batak (HBB). Di mana rangkaian kata-kata ini bisa berarti, bahwa kebersamaan menjadi sumber kekuatan.

topmetro.news – ‘Tampakna do tajomna, rim ni tahi do gogona‘, adalah slogan Horas Bangso Batak (HBB). Di mana rangkaian kata-kata ini bisa berarti, bahwa kebersamaan menjadi sumber kekuatan.

Dan kebersamaan itu dengan jelas terlihat pada acara Syukuran Bona Taon 2023 HBB yang berlangsung di RM Gorga Jalan Kapten Soemarsono Helvetia, Medan, Sabtu 21/1/2023). Di mana Ketua DPC HBB Deli Serdang Mangapul Sitindaon bertindak sebagai tuan rumah.

Pada acara yang juga sekaligus perayaan HUT ke-2 DPC HBB Deli Serdang tersebut, tampak kurang lebih 300 anggota organisasi ini, berkumpul dan bergembira bersama dalam suasana penuh kekeluargaan.

Rangkaian acara demi acara berjalan lancar penuh suasana sukacita mensyukuri pergantian tahun. Apalagi juga bersamaan dengan perayaan HUT ke-2 DPC HBB Deli Serdang.

Ada pun lebih kurang 300 anggota HBB yang hadir, terdiri dari pengurus DPP, DPD Sumut, dan DPC Kota Medan. Juga dewan pimpinan kecamatan (DPK), ranting, dewan pimpinan desa (DPds) yang ada di Kota Medan dan Deli Serdang.

Hadir dari DPP antara lain, Ketua Umum Lamsiang Sitompul SH MH, Sekretaris Umum Luhut Situmorang SH, Wakil Ketua Bidang UMKM Ir Posma Parapat, dan lainnya.

Dari DPD Sumut hadir Ketua Tomson Parapat SH, Bendahara Josmar Silaban SH MKN, Bidang UMKM Parasian Tobing ST dan lainnya. Ada juga dari LBH, yaitu Donal Lubis SH dan Hengki Silaen SH.

Kemudian ada Ketua DPC Deli Serdang Mangapul Sitindaon (sekaligus tuan rumah), Sekretaris Rajuman Siregar, Bendahara Jaster Sinurat, Wakil Ketua Pantas Parutu Purba, dan lainnya.

Dari dewan pimpinan kecamatan se-Kota Medan hadir antara lain Ketua DPK Medan Kota Belman Purba, Ketua Ranting Bakaran Batu Edi Simanjuntak, Ketua DPK Medan Belawan Poltak Tampubolon STh SH MH, DPK Medan Perjuangan, dan lainnya.

Sedangkan dari DPK Deli Serdang hadir antara lain Ketua DPK Labuhan Deli Nelson Aritonang, DPK Percut Sei Tuan Nelson Pasaribu, DPK Delitua Bapak Siahaan, DPds Cinta Damai Harahap, DPK Tanjung Morawa Jenmart Capah, DPK Patumbak Pahala Marbun, dan lainnya.

Acara dimulai dengan ibadah dipimpin Pdt Poltak Tampubolon. Selanjutnya ada kata-kata sambutan dari para pengurus DPP, DPD, DPC, DPK, ranting, DPds. Kemudian ada juga bakal caleg di Deli Serdang, yaitu Anton Sinaga.

Kegiatan itu juga dirangkai dengan pemberian sembako kepada masyarakat kurang mampu. Acara selanjutnya pun kemudian semakin meriah dengan acara hiburan berupa vokal grup dari masing masing DPK. Tidak ketinggalan tentunya adalah acara makan bersama.

Untuk Semua Agama

Horas Bangso Batak ini sendiri terbentuk sebagai wadah berhimpun seluruh Etnis Batak, dengan tidak membedakan agama dan status sosial. HBB adalah sebagai pendorong penggerak masyarakat Bangso Batak. Juga sebagai sarana, wahana pelindung, dan pembela hak-hak masyarakat.

Horas Bangso Batak berbentuk perkumpulan dan kesatuan, yang merajut kebersamaan dalam persaudaraan sejati. HBB mengangkat dan menjunjung tinggi hargat dan martabat Bangso Batak. Juga berjuang untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat Bangso Batak. Bersikap demokratis dan berazaskan Pancasila, serta melestarikan budaya dan Falsafah Bangso Batak.

HBB mendukung pembangunanTano Batak, mempersiapkan kader-kader generasi muda sebagai penerus Bangso Batak. Serta turut serta menumbuhkembangtkan usaha kreatif guna meningkatkan taraf hidup sosial ekonomi Bangso Batak.

reporter | Jeremi Taran

Related posts

Leave a Comment