Aturan Bawa Koper ke Kabin Pesawat, Kamu Wajib Tahu!

TOPMETRO.NEWS – Aturan bawa koper ke kabin pesawat sudah diatur. Koper, salah satu barang penting yang harus kamu bawa sendiri. Koper berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan barang bawaanmu, seperti pakaian, alat mandi, skincare dan sebagainya.

Nah, untuk kamu yang suka perjalanan dengan pesawat, terkadang kamu memiliki pikiran untuk membawa koper ke dalam kabin pesawat.

Namun hal itu tidak bisa kamu lakoni secara sembarangan karena sejatinya tempat koper itu terletak di bagasi pesawat.

Jika kamu ingin bawa koper ke dalam kabin pesawat, maka kamu harus benar-benar memperhatikan aturannya.

Berikut ini aturan bawa koper ke dalam kabin pesawat, yang wajib kamu ketahui.

aturan bawa koper2

1. Ukuran Koper

Tidak sembarangan koper bisa dibawa ke dalam pesawat. Karena sejatinya terdapat aturan khusus dalam ukuran koper yang bisa masuk ke dalam kabin pesawat.

Biasanya aturan ukuran koper itu tergantung kebijakan maskapai masing-masing. Namun secara umum ukuran koper yang diperbolehkan adalah koper dengan panjang maksimal 22 inci (56 cm) × 18 inci (45 cm) × 10 inci (25 cm). Ukuran dimensi ini sudah termasuk dengan roda, gagang, dan kantung koper.

2. Jangan Bawa Cairan lebih dari 100 ml

Secara umum dalam aturan penerbangan, kamu tidak akan diperbolehkan untuk membawa cairan atau gel yang lebih dari 100 ml ke dalam kabin pesawat. Jika kamu masih tetap membawanya maka kamu akan dimintai keterangan dan diminta untuk mengurangi jumlah cairan itu.

Tapi kamu dapat meminta pengecualian kepada petugas maskapai dan bandara jika kamu membawa kebutuhan bayi atau obat untuk penyakit tertentu.

3. Dilarang Bawa Barang Tajam

Kamu juga tidak diperbolehkan untuk membawa benda-benda tajam masuk ke dalam kabin pesawat. Jika kamu harus membawa benda seperti gunting, silet, cutter, dan yang sebagainya, maka kamu harus memasukkannya ke dalam bagasi pesawat.

4. Jangan Bawa Senpi dan Gas

Barang-barang seperti senjata api dan gas, barang yang sangat terlarang untuk dibawa penumpang ke dalam pesawat. Makanya, jangan pernah mencoba untuk membawa barang itu masuk ke dalam pesawat ya.

5. Tunjukkan Barang-barang Elektronik

Sebelum memasukkan barang-barang ke kabin pesawat, kamu harus terlebih dulu menunjukkan barang-barang elektronik seperti laptop kepada petugas boarding pass. Kamu juga diperbolehkan membawa powerbank ke dalam kabin selama masih dalam batas kapasitas tertentu.

Itulah 5 aturan koper dalam kabin pesawat. Semoga info ini bermanfaat.

asl1

Related posts

Leave a Comment