KPID Sumut Dukung SMSI Sukseskan Ekspedisi Geopark Kaldera Toba

KPID Sumut mengajak lembaga penyiaran televisi dan radio giat membuat konten-konten lokal saat ada liputan Ekspedisi Kaldera Toba hasil gagasan SMSI Sumut dalam memeriahkan HPN Tahun 2023 di Provinsi Sumatera Utara.

topmetro.news – KPID Sumut mengajak lembaga penyiaran televisi dan radio giat membuat konten-konten lokal saat ada liputan Ekspedisi Kaldera Toba hasil gagasan SMSI Sumut dalam memeriahkan HPN Tahun 2023 di Provinsi Sumatera Utara.

Demikian kata Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Sumatera Utara selaku Koordinator Bidang Pengawasan Isi Siaran Dra Hj Ayu Kesuma Ningtyas di Pantai Romantis Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) usai rapat persiapan Ekspedisi Geopark Kaldera Toba, Minggu (29/1/2023). Hadir pada rapat itu, Ketua SMSI Sumut Erris J Napitupulu bersama Ketua SMSI Sergai Zuhari.

“Mari kita sukseskan HPN 2023. Melalui Ekspedisi Geopark Kaldera Toba yang digagas SMSI Sumut ini kita promosikan kekayaan budaya dengan membuat liputan-liputan unik dan menarik berbasis konten lokal dan karya jurnalistik. Ini juga sebagai salah satu upaya kita menjaga warisan dunia,” sebut Ayu Kesuma.

Ayu yang juga aktif di Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sumut ini mengatakan, ada beberapa situs yang menarik untuk mengisi program siaran lokal. Seperti Geosite Huta Ginjang Muara di Tapanuli Utara, Pulau Sibandang di Perairan Danau Tiba. Juga rumah kuno serta kearifan lokal di pulau tersebut. Ada juga Geosite Sipinsur di Humbang Hasundutan, taman wisata Sibeabea. Kemudian, wisata budaya Sigale-gale, Makam Sidabutar, dan pusat kerajinan Tomok.

Di Kota Pematang Siantar, lanjut Ayu, ada becak kuno Siantar. Kemudian wisata kuliner di Kabupaten Serdang Bedagai yan menyajikan masakan khas pantai dengan menu andalan ikan laut dan seafood.

Sementara Ketua SMSI Sumut Erris J Napitupulu mengatakan rapat di Pantai Romantis Desa Naga Lawan Perbaungan ini membahas peran pengurus dan anggota SMSI Sergai dalam kesiapan menyukseskan ekspedisi 4 hingga 7 Febuari mendatang, dalam rangka memeriahkan Hari Pers Nasional (HPN) di Sumut.

Harapannya, Sergai yang menjadi salah satu titik poin ekspedisi, siap menyambut kedatangan Ketua Umum SMS Firdaus bersama rombongan. Juga menyambut seluruh peserta dari SMSI se-Indonesia.

Bupati Sergai

Ketua SMSI Sergai Zuhari mengatakan pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Bupati Sergai H Darma Wijaya. “Alhamdulillah. Pak Bupati mendukung penuh. Beliau juga siap bersama kita, menyambut kehadiran peserta ekspedisi di Sergai. Juga kita semua akan Beliau jamu dalam kemasan acara silaturahmi,” jelas Zuhari.

Zuhari menambahkan, sebagai bagian dari Keluarga Besar SMSI Sumut, SMSI Sergai berkewajiban ikut mendukung hajatan ekspedisi bertaraf nasional itu.

“Mengambil momen HPN untuk bersama kita menyatukan hati dan pemikiran berkontribusi mendukung Geopark Kaldera Toba tetap sebagai Taman Warisan Bumi dunia,” tambah Zuhari.

Turut hadir pada rapat persiapan Ekspedisi Geopark Kaldera Toba itu Sekretaris SMSI Sumut Ariadi dan Sekretaris Panitia Benny Pasaribu. Juga ada Wakil Sekretaris Irwan Manalu dan Wakil Bendahara Agus Lubis.

penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment