Terkaya Sejagat Raya, Harta Keluarga Kerajaan ini Rp21.000 Triliun

Status raja terkaya sejagat raya ternyata disandang Raja Arab Saudi Salman Bin Abdulaziz Al Saud. Keluarga bangsawan Arab Al Saud memiliki harta mencapai US$1,5 triliun atau setara Rp21.000 triliun.

topmetro.news – Status raja terkaya sejagat raya ternyata disandang Raja Arab Saudi Salman Bin Abdulaziz Al Saud. Keluarga bangsawan Arab Al Saud memiliki harta mencapai US$1,5 triliun atau setara Rp21.000 triliun.

Mengutip The Richest, kekayaan Kerajaan Arab Saudi tersebut meledak sejak mulainya eksplorasi minyak besar-besaran di negara itu. Sebagai informasi, keluarga kerajaan mengontrol perusahaan minyak milik negara bernama Saudi Aramco.

Perusahaan mereka inilah yang memegang rekor cadangan minyak mentah terbesar kedua dan penghasil minyak harian terbesar. Inilah bagaimana Keluarga Al Saud menjadi kerajaan terkaya di dunia. Bahkan lebih makmur daripada keluarga Kerajaan Inggris.

Sayangnya, dari sebanyak 15.000 Keluarga Besar Al Saud, hanya 2.000 anggota yang memiliki sebagian besar kekayaan. Anggota inti ini kemudian membentuk ‘House Of Saud.’

Dari anggota inti tersebut, ternyata ada tiga anggota kerajaan yang memegang peranan dominan dalam mengurusi seluruh kekayaan itu. Mereka adalah Raja Salman bin Abdul Aziz Al-Saud sendiri, pewarisnya dan Putra Mahkota Mohammad bin Salman (MBS), serta keponakannya Pangeran Alwaleed bin Talal.

Sementara itu, Raja Salman sendiri memiliki setidaknya empat kediaman megah yang mewah. Salah satu istananya adalah Istana Murabba yang memiliki 32 kamar dan sekitar tujuh halaman.

Selain Istana Murabba, raja terkaya ini memiliki istana kedua bernama Istana Al Yamama. Yang menarik, arsitektur, desain, dan area istana ini sangat menakjubkan.

Al Yamama memiliki sekitar 400 kamar. Istana ini juga merupakan markas kerajaan, dengan kamar-kamar yang memiliki lampu gantung yang indah dan dekorasi emas dan luar biasa karena delapan lantai marmernya.

Masih ada lagi, Raja Salman memiliki kediaman mewah lain yang terkenal sebagai Istana Erga. Istana ini terkenal dengan lantai mozaiknya yang menakjubkan. Belum lagi, ukiran unik di langit-langitnya yang tinggi dan dindingnya yang besar.

Putra Mahkota

Lebih lanjut, kediaman Putra Mahkota MBS juga tak kalah mewah. Putra mahkota yang dipercayai sebagai pemain utama kebijakan Saudi memiliki Istana senilai US$ 300 juta atau setara Rp4,2 triliun di Prancis. Istana ini tak kalah mewah dengan istana kerajaan raja di Saudi.

Merupakan salah satu rumah termahal di dunia, istana ini bergaya Prancis tetapi juga sangat modern dengan lapangan tenis dan squash. Halaman taman membentang seluas sekitar 50 hektar. Memiliki parit-parit berisi air mancur yang bisa tampak berwarna-warni dengan pencahayaannya.

Memiliki jacuzzi mewah dan kolam renang tanpa batas yang besar. Setidaknya ada sepuluh kamar tidur dan masing-masing sangat luas, dengan luas sekitar 50.000 kaki persegi. Selain itu ada klub malam, sound system, dan gudang anggur memberikan pengalaman unik bagi para tamu pangeran.

Tak hanya itu, MBS juga memiliki superyacht bernama Serene, yang dianggap sebagai salah satu yacht termahal di dunia. Biayanya sekitar US$ 500 juta (Rp7 triliun) dan dapat menampung hingga 24 tamu dan sekitar 52 anggota kru. Yacht mewah itu memiliki jacuzzi sehingga pangeran dan tamunya dapat memiliki waktu santai saat berada di kapal pesiar.

MBS juga memiliki gantungan helikopter dan dua helipad. Sehingga Sang Pangeran dapat terbang kapan pun dia mau. Putra mahkota ini juga seorang pengagum seni. MBS ternyata memiliki lukisan Salvator Mundi karya Leonardo da Vinci. Pangeran membeli ini dengan harga sekitar US$450 juta atau setara Rp6,3 triliun dalam lelang rahasia.

House of Saud memperkirakan, kekayaan Keluarga Kerajaan Saudi akan tetap signifikan pada tahun-tahun mendatang. Keluarga tersebut telah melakukan investasi yang signifikan dalam berbagai industri dan bisnis, yang diharapkan menghasilkan pengembalian yang besar di masa depan.

Namun, ada juga kekhawatiran tentang masa depan industri minyak. Di mana beberapa ahli memperkirakan adanya penurunan permintaan minyak. Sebagian masa depan kekayaan bersih keluarga raja terkaya ini akan bergantung pada bagaimana MBS menanggapi tantangan-tantangan ini dan seberapa sukses upayanya dalam mendiversifikasi ekonomi dan menarik investasi baru.

berbagai sumber

Related posts

Leave a Comment