Bunga Desa Partungko Naginjang, Bupati Samosir Ajak Petani Beralih Menggunakan Pupuk Organik

Mengawali kegiatan Bunga Desa, Bupati Samosir Vandiko T Gultom berkantor di Desa Partungko Naginjang, Kecamatan Harian, Selasa (14/2/2023).

topmetro.news – Mengawali kegiatan Bunga Desa, Bupati Samosir Vandiko T Gultom berkantor di Desa Partungko Naginjang, Kecamatan Harian, Selasa (14/2/2023).

Turut hadir Wakil Ketua DPRD Samosir Pantas M Sinaga, Asisten II Hotraja Sitanggang, Kadis Kominfo Immanuel Sitanggang, Camat Harian P Hatopo Manik, dan para pimpinan OPD.

Bupati Samosir mengecek secara langsung kehadiran kepala desa dan perangkatnya untuk memastikan kehadiran dan pelayanan kepada masyarakat berjalan dengan baik.

“Saya ingin melihat secara langsung potensi di desa ini, yang memiliki potensi wisata dan pertanian yang bagus. Selain itu ingin mendengar dan bertemu langsung dengan masyarakat, mendengar aspirasi dan keluhan. Sehingga bisa kita intervensi dan tangani bersama. Jangan ada lagi kesulitan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan,” tegas Vandiko.

Selama berkantor di Desa Partungko Naginjang, Bupati Samosir membawa pelayanan gratis. Antara lain, pelayanan kesehatan gratis, imunisasi polio bagi anak berusia 0-59 bulan. Juga ada implan KB gratis, pendaftaran untuk BPJS, penyerahan BPJS Gratis. Lalu, pelayanan administrasi kependudukan, pelatihan pembuatan pupuk organik, pengurusan ijin berusaha.

Pupuk Organik

Selain itu, bupati memberikan bantuan pertanian berupa pupuk organik. Kemudian makanan tambahan bagi ibu hamil, makanan kepada balita, dan bantuan pendidikan bagi siswa berprestasi dan kurang mampu, berbagai program pelayanan lainnya.

Bupati mengajak Kepala Desa Partungko Naginjang untuk bersama-sama melayani masyarakat. “Banyak pelayanan yang kami bawa. Manfaatkan sebaik mungkin. Arahkan masyarakat supaya merasakan pelayanan. Kami datang bukan untuk dilayani tetapi melayani. Mari sama-sama melayani masyarakat,” ucap Vandiko.

Dalam Bunga Desa Partungko Naginjang Bupati Samosir, Vandiko T Gultom mengajak petani beralih menggunakan pupuk organik sebagai solusi kelangkaan pupuk kimia bersubsidi. Solusi berupa pembekalan berupa pelatihan pembuatan pupuk organik cair maupun padat kepada kelompok tani. Di mana Dinas Pertanian mendukung dengan menyediakan peralatan mesin pencacah.

Bupati Samosir juga melakukan penanaman kentang bersama Kelompok Tani Mantap. Bupati Samosir menekankan PLL untuk aktif dan melayani kelompok tani sampai mandiri dalam pembuatan pupuk organik.

Selain itu, Bupati Samosir juga memberikan satu unit mesin cooper (pencacah) kepada BUMDes. Hal ini juga menjawab kebutuhan pupuk bagi kelompok tani di Desa Partungko Naginjang.

Untuk menunjang fasilitas objek wisata Togaraja, Bupati juga menyerahkan dua unit ATV dan satu unit motor roda tiga kepada BUMDes Partungko Naginjang.

Program Bunga Desa ini mendapat apresiasi dan sambutan hangat dari masyarakat Desa Partungko Naginjang. Tokoh masyarakat Desa Partungko Naginjang, Eli Sinaga merasa bersyukur dan bangga dengan kehadiran dan kesediaan bupati melihat dan mendengar kebutuhan masyarakat.

Sebagai daerah yang berpotensi dalam pertanian, atas nama seluruh masyarakat, Eli meminta perhatian terhadap pengembangan potensi pertanian, pasar pertanian, embung , listrik, dan pendidikan. Selian itu, pembinaan pembuatan pupuk organik, jalan usaha tani dan pengembangan infrastruktur jalan menuju objek wisata Togaraja.

Tokoh masyarakat lainnya, Bolusson Pasaribu, mengakui kehadiran Bupati Samosir menjadi kebanggaan masyarakat. “Masyarakat bangga dengan kehadiran bupati turun ke desa melihat langsung kebutuhan masyarakat. Jangan dengarkan kata orang lain. Kehadiran bupati pasti disenangi masyarakat,” ungkap Bolusson.

Sementara Wakil Ketua DPRD Samoair Pantas M Sinaga menguatkan aspirasi masyarakat, bahwa pembenahan jalan menuju objek wisata Togaraja sangat perlu saat ini.

Pantas juga mengharapkan pembenahan uji KIR di Partungko Naginjang, yang pada akhirnya sangat bermanfaat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Infrastruktur

Menanggapi permintaan masyarakat, Bupati Samosir menurunkan alat berat membantu perbaikan infrastruktur jalan usaha tani. Untuk itu, bupati mengimbau agar kebutuhan masyarakat didata, bersepakat sehingga alat berat dapat bekerja makaimal.

Bupati memberikan anggaran Rp100 juta untuk perbaikan infrastruktur jalan Togaraja. Untuk penerangan, akan berkomunikasi ke PLN melalui sinergitas dengan Komisi VI DPR RI.

Sebagai perpanjangan tangan pemerintah, kepala desa agar memberikan perhatian untuk mengintervensi stunting. Sehingga pada tahun 2023 stunting di Desa Partungko Naginjang dapat berkurang. Sebagai salah satu lokus stunting, Vandiko mengimbau masyarakat tidak malu. Segera melaporkan apabila ada anak yang stunting, sehingga mendapat penanganan.

Bupati Samosir dengan komitmen pemberian BPJS gratis telah mencapai 97,7 persen dan sudah mendapat penghargaan. Sehingga masyarakat semakin mudah mendapatkan pelayanan kesehatan hanya dengan membawa KTP/KK. Untuk itu Vandiko, mengimbau masyarakat untuk menggunakan BPJS dalam menjaga kesehatan. Meminta masyarakat yang belum memiliki BPJS mendaftarkan diri dalam Bunga Desa.

“Saya senang, bisa bertemu dengan masyarakat. Semoga dengan berkantor di desa ini membawa kebaikan dan solusi demi kesejahteraan masyarakat,” tutup Vandiko.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment