Musrenbang Kecamatan Kota Kisaran Timur Proritaskan Infrastruktur Kuat

Musrenbang Kecamatan Kota Kisaran Timur Proritaskan Infrastruktur Kuat

topmetro.news – Musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Kota Kisaran Timur yang berlangsung di halaman kantor camat setempat prioritaskan infrastruktur kuat, Rabu (15/2/2023).

Musrenbang dibuka Asisten I Buwono Prawana SIP MSi didampingi Kaban Pendapatan Drs Sorimuda Siregar, Sekretaris Bapeda M Safiq SSos, Kabag Prekonomian Fahmi Almadani dan lainnya.

Turut hadir Camat Kota Kisaran Timur, Danramil 06/Ks, Kapolsek Kota Kisaran, Sekcam, Kepala Puskesmas, UPT, Lurah, Kepala Sekolah. Lalu Kepling, tokoh agama, tokoh masyarakat, PKK, kader pos yandu dan undangan lainnya.

Bupati Asahan dalam pidato tertulisnya yang Asisten I sampaikan mengatakan, Musrenbang merupakan sebuah tahapan sistem perencanaan pembangunan nasional sesuai UU No 25 tahun 2004 tentang penyusunan RKPD.

Musrenbang RKPD tahun 2024 tingkat Kecamatan Kota Kisaran Timur merupakan tindak lanjut Musrenbang Desa/Kelurahan. Tujuannya untuk penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan usulan rencana kegiatan pembangunan Desa/Kelurahan. Yang di integrasikan dengan prioritas pembangunan daerah di Kecamatan Kota Kisaran Timur. Selanjutnya akan menjadi bahan masukan dalam penyusunan RKPD Asahan tahun 2024.

“Keikutsertaan masyarakat melalui Musrenbang ini sangat penting untuk menjaring aspirasi dalam menentukan prioritas bersama sesuai kebutuhannya. Dengan demikian program dan kegiatan pembangunan yang dihasilkan lebih aspiratif, transparan dan akuntabel,” kata Buwono.

Dukung Penurunan Stunting

“Kita juga harus mendukung program nasional antara lain percepatan penurunan stunting, di Asahan saat ini mencapai 15,7%. Penanggulangan kemiskinan ekstrem, di Asahan saat ini mencapai 66.567 orang. Musrenbang tahun ini merupakan perencanaan tahun ke tiga RPJMD Asahan  tahun 2021-2026,” lanjutnya.

Buwono juga menyampaikan sesuai Peraturan KPU No 3 tahun 2022 tentang tahapan dan jadwal penyelenggaraan Pemilu. APBD Asahan mengalokasikan anggaran pemilihan Presiden, Legislatif dan Kepala Daerah.

Camat Kota Kisaran Timur, Ahmad Syaiful Pasaribu SAP MM dalam ekposnya menyampaikan program yang disampaikan ini terlebih dahulu di Musrenbangkan pada tingkat Kelurahan dan selanjutnya Pra Musrenbang tingkat Kecamatan.

Syaiful menyampaikan berbagai program. Di antaranya infrastruktur kuat, dranase, pelatihan wirausaha, bantuan UMKM, bantuan rumah ibadah, bedah rumah, pendidikan, kesehatan, MCK, pertanian, perikanan, peternakan, olahraga, perpustakaan, pramuka, penerangan jalan, bantuan disabilitas dan lainnya.

Syaiful berharap program ini dapat di setujui dalam Musrenbang Kabupaten nantinya demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Kami siap mendukung kepemimpinan Bapak Bupati Asahan H Surya BSc dan Bapak Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin SSos MSi. Kami juga siap mendukung terwujudnya visi misi Pemkab Asahan sejahtera, religius dan berkaraktet,” kata Syaiful.

Penulis : EN

Related posts

Leave a Comment