Bupati dan Wabup Hadiri Syukuran HPN Kabupaten Samosir

Pers Kabupaten Samosir menggelar syukuran dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN) di Aula HKBP Nainggolan, Selasa (14/2/2023). Ada pun tema syukuran adalah, 'Pers Samosir Bersatu'.

topmetro.news – Pers Kabupaten Samosir menggelar syukuran dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN) di Aula HKBP Nainggolan, Selasa (14/2/2023). Ada pun tema syukuran adalah, ‘Pers Samosir Bersatu’.

Tampak hadir Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom bersama Wabup Martua Sitanggang. Turut Hadir Forkopimda Kabupaten Samosir, anggota DPRD Noni Situmorang, SAB Rudi SM Siahaan, Hut Isasar Simbolon, Asisten II Hotraja Sitanggang, Kadis Kominfo Immanuel Sitanggang, dan beberapa pimpinan OPD lainnya. Serta tokoh masyarakat peduli pers.

Pada kesempatan itu, Vandiko Gultom dan Martua Sitanggang menyampaikan Selamat Hari Pers kepada seluruh jusnalis di Kabupaten Samosir. “Atas nama pemerintah dan seluruh masyarakat Kabupaten Samosir, mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional ke -77. Terkhusus bagi seluruh pers di Kabupaten Samosir,” ucap Bupati Samosir.

Vandiko mengatakan, pers harus lepas dari kepentingan individu dan mengabdi kepada kepentingan umum. Untuk itu, pers harus memberikan informasi, berita, masukan, dan kritikan untuk kepentingan pembangunan di Kabupaten Samosir.

“Dengan peran pers, akan dapat memberikan kebaikan. Sebagai sosial kontrol silahkan pemerintah dikoreksi dan dikritik. Tapi jauhkan dari sentimen pribadi. Saya yakin pers di Samosir dapat bersinergi bersama pemerintah membangun Kabupaten Samosir,” ucap Vandiko.

Lebih lanjut ia menyampaikan, wartawan di Kabupaten Samosir agar memberikan pemberitaan berimbang sesuai fakta lapangan. Serta tetap menjaga keamanan dan stabilitas negara maupun Kabupaten Samosir.

“Mari berubah untuk bersatu, mewaspadai kemiskinan ektrim yang mengancam dan saat ini dunia tidak baik-baik saja. Semoga pers di Kabupaten Samsoir semakin maju dan dapat mengikuti perkembangan jaman. Serta ikut menjaga keamanan dan stabilitas nasional terkhusus di Kabupaten Samosir,” tutup Vandiko Gultom.

Pers Bersatu

Sedangkan Martua Sitanggang menekankan agar pers di Samosir betul-betul bersatu. “Harapan saya, bersatulah insan pers. Berani memberitakan yang benar demi pembangunan di Kabupaten Samosir ini. Pers Samosir tetap bersatu mulai besok sampai masa yang akan datang,” tutup Martua seraya menegaskan, bahwa bupati dan wabup tetap bersatu dan solid.

Selanjutnya Ketua Panitia Robin Nainggolan menyampaikan, syukuran hari pers di Kabupaten Samosir sebagai upaya pemersatu seluruh wartawan. “Semoga niat tulus ini mendapat dukungan dari seluruh mitra kami, agar persatuan dan kesatuan yang kita inginkan berhasil. Dan pers di Kabupaten Samosir mampu mengaplikasikan tugas jurnalistik di Samosir demi pembangunan,” kata Robin.

Tokoh masyarakat, Mangiring Naibaho, memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh wartawan di Kabupaten Samosir. Ia menyebut, bahwa pers sebagai alat kritik dan kontrol memiliki tugas begitu luas. Serta merupakan bagian dari pemerintah untuk mencapai tujuan mencapai visi misi.

“Pers dan wartawan harus berkompeten dan memperluas wawasan. Sehingga apa yang menjadi tugas fungsinya berjalan sesuai dengan harapan masyarakat. Dengan demikian pers sekarang harus bisa menjadi alat kontrol, role model, memberitakan sesuai dengan fakta,” katanya.

Selain itu, ia berharap agar pers mampu melakukan pembinaan kepada masyarakat. Juga memberikan pencerahan dan pembelajaran, agar masyarakat mengerti birokrasi. Juga mengerti apa dan kemana tujuan pembangunan.

Sementara pemerhati pers, Op Andika Sitanggang, mengaku sangat bangga apabila jurnalis di Samosir dapat memajukan Samosir. Tak mungkin terjadi Kabupaten Samosir tanpa dukungan jurnalis. Untuk itu, Op Andika meminta pemkab selalu melakukan pembinaan, mencerdaskan pers dengan baik. Supaya perkembangan Kabupaten Samosir semakin cepat.

Pada kesempatan itu, Pers Kabupaten Samosir memberikan ulos kepada bupati, wakil bupati, forkopimda, tokoh masyarakat, dan pemerhati pers, sebagai ucapan terima kasih telah mendukung dan hadir dalam acara syukuran tersebut.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment