Layani Masyarakat, Wakil Bupati Samosir Berkantor di Desa Janji Raja

Melanjutkan Bunga Desa (Bupati/Wakil Bupati Ngantor di Desa), Wakil Bupati Samosir berkantor di Desa Janji Raja Kecamatan Sitiotio, Jumat (17/2/2023.

topmetro.news – Melanjutkan Bunga Desa (Bupati/Wakil Bupati Ngantor di Desa), Wakil Bupati Samosir berkantor di Desa Janji Raja Kecamatan Sitiotio, Jumat (17/2/2023.

Selain melihat secara langsung kondisi desa, Martua Sitanggang juga menampung berbagai aspirasi masyarakat Janji Raja. Selama berkantor di Desa Janji Raja, Wakil Bupati Samosir membawa pelayanan gratis sebagai upaya pendekatan pelayanan yang memudahkan kepada masyarakat.

Pelayanan gratis yang langsung menyentuh masyarakat antara lain kesehatan gratis, imunisasi polio bagi anak berusia 0-59 bulan, implan KB gratis, pendaftaran untuk BPJS. Lalu pelayanan administrasi kependudukan, sosialisasi pembuatan pupuk organik, pengurusan ijin berusaha. Selain itu, Wabup memberikan perhatian kepada petani, berupa bantuan pupuk organik. Juga bantuan pendidikan bagi siswa berprestasi dan kurang mampu. Kemudian, pemberian makanan tambahan kepada balita serta berbagai program pelayanan lainnya.

Turut hadir, Asisten I Tunggul Sinaga, Kadis Kominfo Immanuel Sitanggang, Camat Sitiotio Harry Naibaho, pimpinan OPD, TBPP Charles Sitindaon, Marhuale Simbolon, dan Raun Sitanggang.

Pada kesempatan itu, tokoh masyarakat Desa Janji Raja menyampaikan, perlunya perhatian pemkab dalam penanganan infrastruktur untuk mempermudah akses dan berbagai kegiatan masyarakat. Akibat jalan yang tidak bagus, masyarakat dan anak-anak sekolah kesulitan beraktivitas, terutama pada musim penghujan yang menyebabkan jalan licin.

Selain itu, masyarakat meminta peningkatan pendidikan. Berupa perbaikan fasilitas sekolah, penambahan tenaga pengajar (guru). Juga penambahan tenaga kesehatan, jalan usaha tani (JUT), pembuatan tapal batas daerah dengan Kabupaten Humbang Hasundutan. Melalui Bunga Desa.

Tujuan Bunga Desa

Menanggapi keluhan masyarakat, Wabup menjelaskan bahwa Jalan Gotting merupakan wewenang gubernur. Dan sudah ada dalam program, sehingga Jalan Gotting tembus sampai Humbahas. “Hal ini juga untuk mendukung destinasi pariwisata yang ada di Sitiotio,” terang Wabup.

Di hadapan masyarakat, Wakil Bupati Samosir mengatakan bahwa Program Bunga Desa memiliki tujuan positif. Yakni, dapat bertemu dan mendengar secara langsung apa yang menjadi keluhan masyarakat. “Usulan yang disampaikan kemungkinan besar sudah ada di musrembang desa bahkan kecamatan. Namun kami ingin bertemu, bertatap muka dan mendengar langsung keluhan tersebut. Dan saya sangat senang dengan acara ini,” ungkap Wabup.

Wabup menekankan, Kepala OPD harus melanjutkan kegiatan berkantor di desa untuk mendengarkan keluhan masyarakat. “Kegiatan ini harus lanjut. Tanpa kehadiran Bupati dan Wakil Bupati pun seluruh kepala OPD harus dan selayaknya berkantor di desa untuk mendengar aspirasi-aspirasi masyarakat,” tegas Martua.

Untuk tahun 2023 Desa Janji Raja akan disentuh dengan pembangunan Jalan Upa Rongit yang bersumber dari APBD Kabupaten Samosir.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment