Wakil Ketua Komisi A DPRD Sergai Minta Perusahaan Ikut Jaga Ketahanan Jalan

Infrastruktur jalan yang telah dibangun Pemkab Serdang Bedagai (Sergai), Sumatera Utara, harus dijaga oleh semua pihak. baik masyarakat maupun pihak yang berkompeten.

topmetro.news – Infrastruktur jalan yang telah dibangun Pemkab Serdang Bedagai (Sergai), Sumatera Utara, harus dijaga oleh semua pihak. baik masyarakat maupun pihak yang berkompeten. termasuk juga para pengusaha yang menjalankan usahanya di ‘Tanah Bertuah Negeri Beradat’, yang kesehariannya menggunakan transportasi darat.

Wakil Ketua Komisi A DPRD Sergai Suryadi, menyampaikan hal itu, Kamis (23/2/2023), kepada media via ponselnya. Kata Suryadi, jika ingin Sergai ini menjadi daerah maju, semuanya harus mendukung program pembangunan pemerintah.

Menurutnya, semua harus ada rasa memiliki. Sehingga pembangunan oleh pemerintah daerah menggunakan APBN, APBD provinsi, dan APBD kabupaten, dapat terjaga.

Ia mencontohkan jalan kabupaten dengan kelas C, yang tentunya hanya mampu menahan beban kendaraan dengan muatan di bawah 8 ton. “Jalan kabupaten yang berada di Desa Lubuk Bayas, Desa Nagalawan Kecamatan Perbaungan dan di Desa Naga Kisar Kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Sergai harus kita jaga. Jangan melintasinya dengan menggunakan kendaraan lebihi tonase,” katanya.

Pasang Portal

Selanjutnya, kata Suryadi, cara lain menjaga kondisi jalan tetap bagus, Pemkab Sergai harus memasang portal kiri dan kanan. Di mana nantinya hanya hanya bisa lewat kendaraan muatan 1 ton hingga 8 ton saja.

“Pemkab Sergai juga harus secara terus-menerus melakukan sosialisasi ke berbagai perusahaan yang memiliki kendaraan melebihi tonase atau muatan lebih 8 ton,” kata Ketua Fraksi Nasdem DPRD Sergai ini.

“Nah, jika PT Aqua Farm Nusantara berdiri di Kecamatan Pantai Cermin bergerak di bidang pengolahan Ikan Nila memiliki kendaraan kontainer melebihi muatan 8 ton, kita imbau untuk segera menggantinya dengan kendaraan yang bermuatan 8 ton. Sehingga jalan tetap bagus dan mampu bertahan sampai 10 tahun lamanya hingga 15 tahun,” paparnya.

Menurutnya, dengan menjaga bangunan jalan, maka perekonomian masyarakat bisa menjadi bagus. Dan tentunya tidak terganggu lagi masyarakat jalankan aktivitasnya setiap hari. Sementara perusahaan juga tetap bisa menjalankan usahanya.

“Kalau jalan maupun bangunan tetap dalam kondisi bagus, pemerintah daerah juga tidak bolak balik memperbaiki jalan rusak yang lokasinya di situ-situ aja. Saya yakin jika Pemkab Sergai dan masyarakat juga para pengusaha kompak saling bergandengan tangan menjaga bangunan, maka Sergai akan menjadi daerah yang maju nantinya,” tutup Suryadi.

berbagai sumber

Related posts

Leave a Comment