Plh Sekda Norma Deli Kukuhkan FKDM Kabupaten dan Kecamatan

Bupati Batubara Ir H Zahir MAP melalui Plh Sekdakab Norma Deli Siregar mengukuhkan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kabupaten Batubara dan FKDM Kecamatan se-Kabupaten Batubara, Rabu (1/3/2023).

topmetro.news – Bupati Batubara Ir H Zahir MAP melalui Plh Sekdakab Norma Deli Siregar mengukuhkan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kabupaten Batubara dan FKDM Kecamatan se-Kabupaten Batubara, Rabu (1/3/2023).

Pada acara pengukuhan di Aula Kantor Bupati Batubara itu turut hadir Asisten I Rusian Heri, Asisten III Renold Asmara, Kepala Badan Kesbangpol Azwar, dan para camat.

Kegiatan diawali dengan penyerahan sertifikat FKDM Kabupaten Batubara dan sertifikat FKDM Kecamatan se-Kabupaten Batubara oleh Plh Sekda Norma Deli.

Dalam sambutannya Norma mengatakan bahwa FKDM adalah wadah bagi elemen masyarakat dalam rangka menjaga dan memelihara kewaspadaan masyarakat. Ia juga berharap FKDM menjadi mata dan telinga bagi Pemkab Batubara terkait berbagai hal tentang ancaman terhadap kehidupan masyarakat Batubara.

“Tugas FKDM adalah menjaring, menampung, mengoordinasikan, dan mengomunikasikan data serta informasi dari masyarakat mengenai potensi ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan yang ada di Kabupaten Batubara,” jelas Norma.

FKDM sendiri merupakan amanat Permendagri Nomor 46 Tahun 2019 tentang Perubahan Atas Permendagri Nomor 02 Tahun 2018 tentang Kewaspadaan Dini di Daerah. Disebutkan bahwa untuk pelaksanaan kewaspadaan dini di daerah oleh masyarakat maka dibentuk FKDM dan ditetapkan oleh pemerintah daerah (pemda).

Dalam hal ini Pemkab Batubara telah melaksanakan amanat Permendagri tersebut dengan menerbitkan SK FKDM Kabupaten Batubara Nomor 116/BKBP/2023 dan FKDM Kecamatan se-Kabupaten Batubara Nomor 117/BKBP/2023.

reporter | Bimais Pasaribu

Related posts

Leave a Comment