Polres Langkat Gelar Apel Pasukan Operasi Kepolisian Keselamatan Toba 2023

Polres Langkat Gelar Apel Pasukan Operasi Kepolisian Keselamatan Toba 2023

topmetro.news Polres Langkat melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Keselamatan Toba 2023 di Lapangan Jananuragan Mapolres Langkat, Rabu (08/3/2023) pukul 08.30 WIB.

Sebagai Komandan Upacara dalam kegiatan itu ditunjuk Ipda N.Ginting dan sebagai Inspektur Upacara Kapolres Langkat AKBP Faisal Rahmat Husein Simatupang SIK SH MH didampingi Plt. Bupati Langkat H. Syah Afandin.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Kajari Langkat Mei Abeto Harahap SH MH, Kepala BNN Kabupaten Langkat AKBP Saharudin Bangko SH MBA, mewakili Dandim 0203/Langkat Kapt. Inf. Imran Batubara, mewakili Danyonif 8 Marinir Harimau Putih Letkol. Mar. Agus Wahyudi Danton Marinir 8 Marinir Harimau Putih Letda. Mar. Satriyo Wibowo dan persinil, Danyon A Sat Brimob Polda Sumut

AKBP Junaidy SH dan personil, Kadis Perhubungan Langkat Drs.Mulyono MSi beserta personil, Kasat Pol PP Kabupaten Langkat Dameka Putra Singaribun SSTP beserta personil, Ketua MUI Langkat, H Zulkifli Ahmad Dian LC MA, mewakili Ketua FKUB Kabupaten Langkat, Ketua PWI Langkat Darwis Sinulingga, PJU Polres Langkat beserta personil Polres.

Dalam kesempatan itu Kapolres Langkat beserta unsur pimpinan Forkopimda melakukan pemeriksaan kendaraan.

Amanat Inspektur Upacara sbb :

Dalam amanatnya Irup Upacara Kapolres Langkat AKBP Faisal Rahmat HS SIK SH MH mengingatkan bahwa kegiatan Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Keselamatan Toba 2023 harapannya dalam suasana yang penuh kebersamaan serta tetap mematuhi protokol kesehatan

“Pelaksanaan Apel Gelar Pasukan ini dilakukan secara serentak di seluruh jajaran Poldasu. Dengan tujuan sebagai bentuk kesiapan personil dan sarana prasarana yang akan dilibatkan pada Operasi Keselamatan Toba-2023, sekaligus menunjukkan kesiapan penyelenggara operasi kepada publik. Sehingga masyarakat Sumut dapat patuh dan disiplin dalam berlalu lintas. Sehingga angka pelanggaran maupun laka lantas dapat menurun dan mewujudkan Kamseltibcarlantas di wilayah Sumut,” ujar Kapolres.

Kapolres mengingatkan, adapun sasaran operasi Keselamatan Toba 2023 yakni para pelaksana operasi mampu mengantisipasi segala bentuk potensi gangguan, ambang gangguan dan gangguan nyata sebelum, pada saat dan pasca operasi yang berpotensi menyebabkan kemacetan, pelanggaran dan laka lantas, khususnya menjelang bulan Suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1444 H.

Dijelaskan juga bahwa Operasi Keselamatan Toba 2023 berlangsung selama 14 hari mulai dari 08 Maret hingga 21 Maret 2023 dengan target operasi. Yakni masyarakat pengguna jalan, kendaraan angkutan umum dan pribadi, titik lokasi rawan kemacetan, pelanggaran dan laka lantas. Serta kegiatan masyarakat dalam  berlalu lintas yang dapat menimbulkan gangguan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas.

Pada operasi tahun 2023 ini Polda Sumut melibatkan 1.978 personil. Terdiri dari Satgas Poldasu 150 personil dan Satgas Kewilayahan 1.828 personil.

Kapolres menjelaskan bahwa operasi ini bersifat terbuka dalam bentuk operasi pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat pada bidang lalu lintas. Mengedepankan kegiatan prevemtif dan preventif dalam rangka meningkatkan simpati masyarakat terhadap Polri. Khususnya Polisi Lalu Lintas guna terciptanya Kamseltibcarlantas di wilayah ProvInsi Sumut

“Oleh karena itu, untuk mencapai keberhasilan pelaksanaan tugas operasi, perlu saya sampaikan beberapa penekanan untuk dipedomani dan dilaksanakan. Antara lain; Lakukan deteksi dini, penyelidikan, pengamanan, serta pemetaan terhadap lokasi/tempat yang rawan pelanggaran, kecelakaan dan kemacetan,” terangnya.

Selanjutnya, berikan pembinaan dan penyuluhan kepada masyarakat tentang disiplin dan tertib berlalu lintas dalam bentuk kegiatan sosialisasi. Melalui pemasangan spanduk, banner, baliho, penyebaran leaflet dan juga stiker serta melalui media cetak, elektronik dan medsos.

Kemudian, laksanakan patroli dan penjagaan pada lokasi rawan kemacetan, kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas. Serta lakukan penegakan hukum lalu lintas dan juga teguran secara humanis dengan menggunakan Etle Mobile pada 7 prioritas pelanggaran.

Kegiatan Apel Gelar Pasukan selesai sekira pukul  09.25 WIB selanjutnya pemeriksaan kendaraan Dinas Polri dan juga foto bersama di Lapangan Jananuraga Polres Langkat.

reporter | Rudy Hartono

 

Related posts

Leave a Comment