Taiwan Donasikan 1.000 Paket Bantuan untuk Korban Gempa Cianjur

Pemerintah Taiwan mendonasikan 100.000 US Dollar untuk para korban gempa bumi di Kabupaten Cianjur Provinsi Jawa Barat. Bantuan tersalur melalui Yayasan Amal Tiga Roda sebagai koordinator dan fasilitator pembagian bantuan.

topmetro.news – Pemerintah Taiwan mendonasikan 100.000 US Dollar untuk para korban gempa bumi di Kabupaten Cianjur Provinsi Jawa Barat. Bantuan tersalur melalui Yayasan Amal Tiga Roda sebagai koordinator dan fasilitator pembagian bantuan.

Siaran pers Kantor Dagang dan Ekonomi Taipei (TETO) yang masuk ke Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) di Jakarta, Jumat (17/3/2023) menyebutkan, acara serah terima donasi (sumbangan) melalui Deputi Representatif TETO Steve Chen dan Asisten Administrasi Umum Pemerintah Kabupaten Cianjur Dedi Sudrajat.

Ada pun gelombang pertama donasi berupa 1.000 paket bantuan yang penyerahannya secara simbolis pada acara serah terima bantuan kepada Pemkab Cianjur pada 15 Maret 2023.

Dedi Sudrajat mewakili Bupati Cianjur menyampaikan terima kasih kepada Taiwan atas bantuan tersebut. Juga atas semua bantuan untuk korban gempa bumi di Kabupaten Cianjur.

Perhatian Tulus

Sementara itu Steve Chen dalam sambutannya mengemukakan, saat mendapat informasi tentang terjadinya gempa bumi di Cianjur, Pemerintah Taiwan saat itu juga menyampaikan rasa belasungkawa dan perhatian yang tulus kepada Pemerintah Indonesia. Kemudian mendonasikan 100.000 US Dollar melalui Yayasan Amal Tiga Roda untuk mengkoordinasikan penyerahan bantuan.

Pemerintah dan masyarakat Taiwan berharap bantuan tali kasih itu dapat memberikan kehangatan bagi para korban gempa bumi di Cianjur.

Gempa di Cianjur terjadi pada 21 November 2022 dengan berkekuatan 5.6 SR. Gempa bumi tersebut menyebabkan ratusan korban jiwa dan puluhan ribu warga mengungsi akibat kehilangan tempat tinggal.

Dalam kaitan itu, Ketua Umum Yayasan Tiga Roda Zhong Wen Lin yang bertanggungjawab mengkoordinasikan kegiatan bantuan menyampaikan, setelah bencana gempa bumi di Kabupaten Cianjur, pihaknya telah berkali-kali datang ke lokasi bencana untuk melihat dan memberikan bantuan. Ke depan akan terus mengkoordinasikan dan melaksanakan penyerahan bantuan.

Paket bantuan yang telah Yayasan Amal Tiga Roda siapkan, bernilai Rp250.000 untuk setiap paketnya. Terdiri dari selimut, minyak goreng, garam, gula, makanan kering dan bahan pokok lainnya.

Yayasan Amal Tiga Roda telah menyiapkan 2.000 paket bantuan. Sebanyak 1.000 paket bantuan telah diserahkan melalui Pemkab Cianjur pada 15 Maret 2023, dan sebanyak 1.000 paket bantuan lainnya akan diserahkan secara langsung ke daerah-daerah terpencil yang dilanda bencana di Cianjur.

Pengusaha Taiwan

Amal Tiga Roda sendiri adalah yayasan yang didirikan pengusaha Taiwan di Indonesia. Serta terdaftar sebagai organisasi nonprofit di Indonesia.

Yayasan tersebut telah lama bekerjasama dengan TETO untuk memberikan bantuan di berbagai daerah di Indonesia. Seperti untuk membantu penanggulangan bencana, pengentasan kemiskinan, bantuan pertolongan darurat serta bantuan kemanusiaan lainnya.

Dengan pengalaman yang banyak dalam memberikan bantuan serta kemampuan mobilisasi dan integrasi yang tinggi, Yayasan Amal Tiga Roda juga telah menerima banyak apresiasi dari ekspatriat Taiwan dan masyarakat Indonesia.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment