Bangunan tanpa Plank IMB di Jalan Bono Glugur Darat I Jadi Perhatian Warga

Dua bangunan di Jalan Bono Glugur Darat I Kecamatan Medan Timur, Kota Medan Sumatera Utara, menjadi perhatian warga setempat.

topmetro.news – Dua bangunan di Jalan Bono Glugur Darat I Kecamatan Medan Timur, Kota Medan Sumatera Utara, menjadi perhatian warga setempat. Pasalnya, pada bangunan yang sedang dalam proses pengerjaan itu, tidak terlihat ada plank IMB (Izin Mendirikan Bangunan).

Terkait hal ini, warga setempat pun mengungkapkan keheranannya. Karena biasanya, menurut mereka, setiap ada pembangunan gedung atau rumah kediaman, selalu ada plank IMB. Hal itu sebagai tanda, bahwa bangunan sudah punya izin dari Pemko Medan.

Sehingga dengan tidak adanya plank IMB pada bangunan yang sedang dalam proses pengerjaan itu, maka menurut warga setempat, tentu akan menimbulkan pertanyaan. Apakah memang tidak ada IMB, atau sedang dalam proses. Atau memang lupa memasang plank.

“Kita tidak sedang menuduh bahwa kedua bangunan itu tidak punya izin mendirikan bangunan. Namun dengan tidak terlihatnya plank IMB di lokasi, tentu akan menimbulkan pertanyaan. Apa memang mereka tidak mengurus IMB? Atau sedang dalam proses? Atau lupa memasang plank (IMB),” tanya seorang warga di sana, yang enggan menyebut identitasnya.

Lebih lanjut warga tadi bertanya, andai sedang dalam pengurusan, apa memang sudah bisa melaksanakan pembangunan? “Tapi kalau IMB masih dalam proses pengurusan, apa memang sudah bisa ada pembangunan. Apalagi sampai sudah berbentuk bangunannya, kok bisa?” tanyanya sambil menunjuk ke arah salah satu gedung belum jadi mirip deretan ruko tersebut.

Bongkar

Untuk itu ia berharap kepada aparat pemerintahan setempat, mulai dari kepling hingga lurah dan camat, untuk segera menindaklanjutinya. “Kalau memang tidak ada IMB tentu harus dihentikan dan bongkar. Kemudian kalau masih dalam pengurusan, harus ada juga tindakan sebagaimana mestinya. Kalau memang karena lupa, supaya diingatkan agar segera dipasang. Supaya jangan menjadi sorotan,” paparnya.

Pantauan media ini, Senin (27/3/2023), pada bangunan mirip deretan ruko tersebut, memang tidak terlihat ada plank IMB. Ketika wartawan ingin mengkonfirmasi, belum ada tampak pekerja di lokasi. Kemungkinan karena berketepatan jam istirahat.

reporter | Jeremi Taran

Related posts

Leave a Comment