Tahun 2023 ini Tugu Namangolu Siraja Lumbantobing Dibangun di Saitnihuta Tarutung

Punguan Pomparan Siraja Lumbantobing (PPSLB) se-Dunia dalam tahun 2023 ini segera membangun Tugu Namangolu (multi manfaat) di Bonapasogit Saitnihuta Tarutung setinggi 30 meter

topmetro.news – Punguan Pomparan Siraja Lumbantobing (PPSLB) se-Dunia dalam tahun 2023 ini segera membangun Tugu Namangolu (multi manfaat) di Bonapasogit Saitnihuta Tarutung setinggi 30 meter

Bohal Lumbantobing SH selaku Ketua Panitia Pelaksana Pembangunan Tugu kepada topmetro.news menerangkan, PPSLB pada prinsipnya ingin membangun monumen atau Tugu Siraja Lumbantobing sebagai lambang persatuan seluruh Keluarga Besar Pomparan Siraja Lumbantobing seluruh dunia yang dapat dikunjungi generasi mendatang.

Rp15 Miliar

Dijelaskan, Tugu Namangolu itu multi manfaat. Baik sebagai monumen sejarah, juga menjadi salah satu destinasi wisata budaya dan rohani yang mendatangkan nilai ekonomis kepada masyarakat sekitar tugu dan Keluarga Pomparan Siraja Lumbantobing.

Bohal mengatakan, monumen dirancang sedemikian rupa agar memiliki pontesi wisata yang dapat diminati wisatawan umum terutama wisatawan Pomparan Siraja Lumbantobing dari seluruh dunia.

“Monumen yang rencananya dibangun tahun 2013 ini saya rancang sedemikian rupa agar miliki potensi wisata dan ekonomi. Nanti para arsitek profesional yang bikin gambar teknis. Biaya pembangunan sekitar Rp15 miliar,” sebut Bohal.

Pemakaian Lahan

Bohal Lumbantobing menambahkan, rencana pembangunan Tugu Siraja Lumbantobing akan diawali dengan peletakan batu pertama yang diharapkan tahun 2023.

Lokasinya di Jalan Sutan Sumurung Lumbantobing Saitnihuta Hutatoruan I Tarutung. Lahan tersebut diserahkan oleh Keluarga Binsar Lumbantobing untuk digunakan selamanya dengan status SHM (pribadi).

Berbadan Hukum

Tugu Namangolu yang diartikan sebagai tugu multi manfaat yang akan memberikan nilai ekonomis dengan berbagai jenis usaha yang mendatangkan keuntungan kepada Pomparan Siraja Lumbantobing.

“Oleh sebab itu, Tugu ini akan dikelola profesional dengan usaha berbadan hukum. Apakah perseroan terbatas atau PT, koperasi atau badan usaha lain. Yang pasti, usaha berbadan hukum akan melindungi keberlanjutan usaha. Berjalan sesuai peraturan dan perundanganundangan,” sebutnya dan menegaskan, tugu juga harus terus dirawat.

“Hasil usaha itu juga akan digunakan untuk perawatan tugu,” katanya.

Bersatu

Ketua Pelaksana Pembangunan Bohal Lumbantobing mengajak seluruh Pomparan Siraja Lumbantobing di seluruh dunia tetap bersatu saling mendukung dan selalu sehat walafiat di mana pun berada.

Dijelaskan, bagi yang ingin informasi lebih lanjut dan ingin membantu dapat membuka (mengunjungi) webside ‘sirajalumbantobing.com’.

Koordinasi

Untuk merencanakan tahapan pembangunan Tugu Siraja Lumbantobing, Ketua Umum PPSLB Pusat Simon Lumbantobing bersama rombongan Binsar Lumbantobing, Bohal Lumbantobing (Ketua Panitia Pembangunan) dan pengurus lainnya melaksanakan rapat koordinasi dengan Pengurus PPSLB Bonapasogit, Jumat (14/4/2023), di Angkasa Resto Jalan Mayjen Samosir Tarutung.

Pada rapat koordinasi itu dibahas rancangan pengelolaan tugu olen usaha berbadan hukum dan penggalangan dana.

Panitia pembangunan dari bonapasogit hadir Ketua OC Tobok Lumbantobing SH, Sekretaris Batara Gultom, Bendahara PP Pardamean Lumbantobing. Ketua Punguan Lumbantobing Oppu Somuntul Harry Lumbantobing, dan Penasehat Berman serta pengusaha Bangun Lumbantobing (Tolkit). Tohom Lumbantobing Pomparan Tongtang Diaji.

Pada akhir rapat koordinasi, Ketua Umum PPSL Simon Lumbantobing mengajak seluruh Pomparan Siraja Lumbantobing ‘marsada marsitogutoguan (bersatu dan saling mendukung) dan tetap semangat’.

reporter | Jansen Simanjuntak

Related posts

Leave a Comment