Besok terjadi gerhana matahari total di Indonesia, perhatikan 9 hal ini

gerhana matahari total

TOPMETRO.NEWS — Gerhana matahari total, besok atau Kamis 20 April 2023 bertepatan dengan 29 Ramadan 1444 H. Diketahui akan terjadi gerhana matahari total dan sebagian di seluruh wilayah Indonesia kecuali Aceh.

Gerhana matahari, salah satu bentuk dari kekuasaan Allah SWT. Bagi umat Islam dianjurkan mengerjakan sejumlah ibadah sunnah.

Selain sebagai upaya untuk mendekatkan diri kepada-Nya, harapannya melalui ibadah tersebut menjadi ladang pahala bagi umat Islam.

Berikut 9 amalan yang dapat ditunaikan saat gerhana matahari dikutip dari NU Online.

1. Sholat gerhana

Sholat gerhana adalah salah satu amalan sunnah yang dapat ditunaikan oleh umat Islam ketika terjadi gerhana matahari.

Sholat ini dapat dilakukan secara sendiri, namun Rasulullah SAW menganjurkan untuk dikerjakan secara berjemaah.

2. Bersedekah

Kegiatan ini menjadi salah satu amalan yang sangat dianjurkan untuk dilakukan ketika gerhana terjadi sebagaimana penjelasan dari Syekh Nawawi Al-Bantani dalam kitab Nihayatuz Zain Syarah Qurratu ‘Ain.

3. Baca Doa

Membaca doa ketika melihat gerhana matahari merupakan salah satu amalan yang dapat dikerjakan oleh umat Islam. Amalan tersebut dianjurkan oleh Rasulullah SAW kepada umatnya.

Adapun doanya yaitu Subhanallah, Walhamdulillah, Wa laa ilaaha illallaahu Allahu Akbar.

4. Tobat dari maksiat

Taubatan Nasuha dalam bahasa Indonesia berarti tobat yang semurni-murninya. Dan merupakan salah satu bentuk tobat yang dianjurkan untuk penganut agama Islam.

5. Mengerjakan kebaikan

6. Memperbanyak istighfar

7. Memperbanyak zikir

8. Kehatian-hatian jangan sampai lalai

9. Membebaskan budak (Zaman sekarang tidak ada lagi budak)

Sementara Ketua Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LF PBNU) KH Sirril Wafa mengingatkan kepada seluruh umat Islam agar menyambut gerhana matahari dengan amalan-amalan baik.

Selain shalat kusuf al-syams atau shalat gerhana matahari, umat Islam juga dianjurkan untuk banyak membaca istighfar, takbir, dan sedekah.

“Karenanya saat terjadi gerhana, Nabi Muhammad SAW menganjurkan untuk memperbanyak istighfar, bertakbir, dan bersedekah sebagai manifestasi dari keimanan seseorang,” pungkasnya.

Seperti diketahui, bertepatan 29 Ramadan 1444 H atau 20 April 2023 terjadi gerhana matahari total dan gerhana matahari sebagian di seluruh wilayah Indonesia, kecuali Aceh.

Pada Kamis (20/4/2023) akan terjadi peristiwa gerhana Matahari yang bisa disaksikan hampir di seluruh wilayah Indonesia.

Daerah yang dilewati gerhana matahari total adalah Pulau Kisar, Batumerah, Area Tanjung Batukasang, Pulau Manawoka, Pulau Karas, dan area Teluk Cendrawasih di wilayah Pulau Papua.

Di luar wilayah Pulau Papua itu, wilayah-wilayah di Indonesia akan mengalami gerhana matahari sebagian.

asl1

Related posts

Leave a Comment