Hendri Duin: Pelaku UMKM di Medan Harus Didata Ulang

Hendri Duin: Pelaku UMKM di Medan Harus Didata Ulang

topmetro.news Sekretaris Komisi III DPRD Medan meminta Dinas Koperasi UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kota Medan untuk mendata ulang pelaku UMKM di Kota Medan. Baik UMKM yang telah mendapatkan bantuan ataupun pembinaan ataupun dari Pemko Medan, maupun yang belum.

Hendri Duin mengaku, sepakat dengan arahan yang Walikota Medan, Bobby Nasution sampaikan kepada OPD terkait. Ia menilai, pemantauan dan pendataan kembali sangat penting di lakukan, agar Pemkot Medan dapat mengetahui apakah program tersebut benar-benar berjalan efektif dan dirasakan manfaatnya oleh para pelaku UMKM.

“Memang seharusnya begitu. Setelah dibina dan diberikan bantuan, tidak boleh dibiarkan begitu saja, tapi harus terus dipantau. Untuk memastikan bantuan tersebut berjalan efektif, sehingga bermanfaat dalam membantu mengembangkan usahanya,” ungkapnya.

Menurutnya, perlu pendataan terhadap pelaku usaha yang telah mendapatkan pembinaan dan menerima bantuan. Kemudian di dalam data yang dihimpun, harus dapat diklasifikasikan mana saja usaha yang belum juga berkembang. Meskipun telah mendapatkan bantuan dan usaha yang telah berkembang pasca menerima bantuan dari Pemkot Medan.

“Untuk usaha yang belum berkembang sesuai yang di harapkan, harus dapat diketahui apa yang menjadi penyebabnya. Agar dapat diberikan solusi. Sebaliknya, untuk usaha yang sudah berkembang, dapat dilihat lebih jauh terkait hal-hal yang masih di butuhkan untuk dapat didukung agar bisa lebih berkembang lagi,” tambahnya.

Kemudian, pentingnya pendataan terhadap UMKM yang belum mendapatkan bantuan dari Pemkot Medan. Baik UMKM yang sudah terdata di Pemkot Medan melalui Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan, maupun UMKM yang belum terdata sebagai binaan.

“Kita harapkan akan lebih banyak lagi UMKM yang terdata di Pemkot Medan pada tahun ini. Sehingga akan lebih banyak UMKM yang dibina dan dibantu untuk bisa berkembang. Untuk itu, semua program yang bersifat melindungi dan mengembangkan UMKM lokal Kota Medan harus dapat berjalan secara maksimal,” tukasnya.

reporter | Thamrin Samosir

Related posts

Leave a Comment