Pengurus PDI Perjuangan Taput, Toba, dan Humbahas Komit Memenangkan Ganjar dan Caleg Partai

Ribuan pengurus Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan dari tiga kabupaten yakni, Tapanuli Utara, Toba, dan Humbang Hasundutan, menyatakan siap memenangkan Calon Presiden Ganjar Pranowo dan para caleg partai pada Pemilu 2024.
Advertisement

topmetro.news – Ribuan pengurus Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan dari tiga kabupaten yakni, Tapanuli Utara, Toba, dan Humbang Hasundutan, menyatakan siap memenangkan Calon Presiden Ganjar Pranowo dan para caleg partai pada Pemilu 2024.

Kebulatan tekad itu muncul saat Rapat Internal Konsolidasi Pemenangan Pemilihan Presiden dan Pemilihan Legislatif 2024. Berlangsung di Sopo Partungkoan, Tarutung, Jumat (26/5/2023).

Rapat dipimpin Ketua DPD PDI Perjuangan Sumut Rapidin Simbolon didampingi Ketua DPC PDI Perjuangan Taput Nikson Nababan, Ketua DPC Toba Mangatas Silaean, Ketua DPC Humbahas Oloan Nababan. Hadir juga Bupati Toba Poltak Sitorus.

Rapidin Simbolon dalam kesempatan itu mengatakan, setiap kader atau pengurus partai agar berjuang secara militan tanpa bayaran. Setelah Ketum Megawati Soekarnoputri mengumumkan Ganjar pranowo sebagai capres partai, maka seluruh kader dan pengurus harus solid bergerak ke masyarakat

“Kedaulatan itu ada di tangan rakyat. Oleh karena itu, wajib hukumnya seluruh pengurus untuk turun menemui masyarakat. Sehingga mereka yang tadinya tidak memilih Capres Ganjar dan Perjuangan kemudian memilih Ganjar dan caleg PDI perjuangan,” kata Rapidin.

Sementara itu dalam pemilihan legislatif, Rapidin menyampaikan agar DPC memetakan basis dari para calon legislatif di setiap dapil.

“Pimpinan DPC agar mengirimkan laporan basis masing-masing calon yang akan bertarung ini. Kita bertarung dengan konsep gotong royong. Satu sama lain para calon untuk aktif berkomunikasi. Untuk bisa terpilih sebagai anggota legislatif, selain suratan tangan juga karena adanya perjuangan,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Rapidin juga menyampaikan agar pengurus partai di Sumatra Utara termasuk Taput, Toba, dan Humbahas untuk mengikuti kunjungan Capres Ganjar Pranowo di Medan, rencananya pada 11 Juni. Juga menghadiri Haul Bung Karno yang rencananya di Gelora Bung Karno pada 24 Juni mendatang.

Kesiapan Partai

Sementara Ketua DPC Taput Nikson Nababan dalam kesempatan itu menyampaikan, pada Konsolidasi Internal Pemenangan Pileg dan Pilpres tersebut hadir 1.350 pengurus. Dari DPC Taput hadir 750 pengurus. DPC Toba 300 dan Humbang 300 pengurus.

Nikson Nababan juga menyampaikan kesiapan PDI Perjuangan Taput dalam menyongsong Pemilu 2024. Saat ini struktur DPC PDI Perjuangan telah lengkap hingga anak ranting. Dari 252 ranting sudah terbentuk 703 anak ranting.

Demikian juga badan sayap partai seperti BSPN, Baguna, BPEK, Badiklat, BBHAR. Sedangkan sayap partai Taruna Merah Putih, Repdem, BMI, BAMUSI dan GANTI. Serta 3 departemen yakni internal, ekonomi kerakyatan, dan pemeintahan.

Nikson menjelaskan, pada tahun 2014, PDI Perjuangan memenangkan Pilkada Taput dan ia sendiri sebagai kader partai terpilih menjadi bupati.
Sedangkan di Pileg, sebelumnya di DPRD Taput hanya 3 kursi pada periode 2009- 2014. Kemudian naik menjadi 6 kursi untuk periode 2014-2019.

Sedangkan di Pilpres 2014, kemenangan Capres PDI Perjuangan di Taput mencapai 91 persen. Sedangkan di Pemilihan 2019, kader PDI Perjuangan kembali memenangi Pilkada dan ia sendiri terpilih menjadi Bupati Taput dua periode. Untuk Pileg di DPRD Taput, dari yang sebelumnya 6 kursi naik menjadi 10 kursi. Dan di Pilpres, kemenangan Capres PDI Perjuangan di Taput mencapai 94 persen.

“Untuk Pemilu 2024, PDI Perjuangan menargetkan 18 dari 35 kursi di DPRD Taput. Dan memenangkan Pilpres dan kepala daerah di 2024. DPRD Sumut 9 menjadi 3 hingga 4 kursi dan DPR RI dapil Sumut 2 menjadi 3 kursi,” ungkapnya.

Toba dan Humbahas

Ketua DPC PDI Perjuangan Toba Mangatas Silaen, struktur DPC Toba dalam rapat konsolidasi membawa sebanyak 300 orang pengurus dari PAC dan bacaleg. DPC Toba menarget 95 persen kemenangan untuk Pilpres dan DPR RI harus bisa memperoleh 60 ribu dari jumlah 120 ribu suara. Untuk DPRD Sumut menargetkan 40 ribu suara di Toba dan DPRD Toba 10 kursi.

Sedangkan Oloan Nababan mengatakan, sebagai Ketua DPC PDI Perjuangan Humbang Hasundutan ia mengajak seluruh fungsionaris mulai dari tingkat DPC, ranting, badan dan sayap serta bacaleg, benar-benar serius untuk bergotong-royong di Pilpres.

Dalam Pileg 2024 DPRD Humbang menargetkan 9 kursi dari 30 kursi atau minimal bertahan di 7 kursi. Pemilihan Presiden di Kabupaten Humbang Hasundutan dengan target 95 persen untuk kemenangan Ganjar Pranowo,” katanya.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment